10 Artis Korea yang Pernah Menjadi Brand Ambassador Merek Ternama

on October 30, 2022

Perhatian untuk semua pecinta bintang Korea. Berikut nama-nama besar yang sempat menjadi duta brand fashion paling terkenal di dunia.



Sudah tidak diragukan lagi bahwa Korea Selatan berhasil menciptakan artis-artis ternama dunia. Baik karena kecintaan audiens di seluruh dunia kepada gegap gempita K-drama atau musik K-pop, artis asal Korea Selatan berhasil membuat jatuh cinta semua orang. Industri fashion tentunya tidak mau ketinggalan. Kemasyhuran artis Korea Selatan memperluas jangkauannya ke label-label fashion dunia. Brand ambassador berbagai brand dunia yang selama ini didominasi artis dari Amerika Serikat dan Eropa telah beralih untuk berkolaborasi dengan beberapa selebritas Korea paling terkenal.


Siapa sajakah artis Korea yang menjadi brand ambassador merek ternama? Simak nama besarnya di sini.


1. Jisoo Blackpink – Dior


1243549160 (2560×3840)

Jisoo Blackpink – Dior. Sumber: vogue.com


Sejak tahun 2021, Dior menunjuk Jisoo Blackpink sebagai brand ambassador untuk rumah mode Dior! Brand mewah ini memberikan pernyataan bahwa creative director mereka yaitu Maria Grazia Chiuri, terinspirasi oleh Jisoo saat merancang koleksi musim gugur 2021 Dior. “Jisoo melambangkan keberanian, modernitas Dior, dan kreativitas penuh,” ucap Maria Grazia Chiuri yang terinspirasi oleh Jisoo untuk koleksi Dior Fall 2021-nya. Selain itu, wajah Jisoo juga menjadi kanvas riasan yang sempurna untuk koleksi Dior Beauty, kata seorang makeup creative dan image director Dior, Peter Philips.


2. Kai EXO – Gucci


exo's kai

Kai Exo – Gucci. Sumber: channel-korea.com


Visual grup band Kai EXO ini, telah terpilih sebagai brand ambassador global Gucci, yaitu merek mewah dari Italia sejak tahun 2019. Sebelumnya bintang K-Pop ini memang telah dikenal karena kecintaannya pada merek tersebut. Kai merupakan artis Korea pertama yang menjadi brand ambassador merek tersebut. Penampilan pertamanya sebagai brand ambassador Gucci adalah sebagai model koleksi sunglasses Gucci saat mengikuti peragaan Musim Gugur/Dingin 2019 diikuti dengan penampilan Musim Semi/Panas 2020.


Selain karena kecintaannya sejak lama kepada merek Gucci, idola K-pop ini dipilih sebagai brand ambassador oleh creative director Gucci, yaitu Alessandro Michele. Alessandro Michele mengaku terinspirasi pada Kai saat membuat aksesoris ready-to-wear pria dan wanita yang mendobrak sifat maskulin dan feminin pada masing-masing desain.


3. Jennie Blackpink – Chanel


Jennie Blackpink – Chanel

Jennie Blackpink – Chanel. Sumber: wwd.com


Terlahir sebagai Jennie Kim, penyanyi dan rapper grup tersebut dijuluki oleh penggemar Blackpink, sebagai "Human Chanel". Selain memang merupakan penggemar setianya, penyanyi ini telah menjadi brand ambassador merek Chanel sejak 2017. Dia sering memakai label Chanel di berbagai acara, baik ketika jalan-jalan bahkan ketika menggarap video klip dari lagu yang dirilis bersama Blackpink. Pada musim gugur yang lalu, Jennie juga turut mempromosikan label Coco Neige, yang memamerkan koleksi olahraga musim dinginnya.


4. Lisa Blackpink – Celine


Lisa Blackpink – Celine. Sumber: wwd.com


Dikenal sebagai anggota dari grup Blackpink yang paling edgy, Lalisa Manoban atau Lisa telah menjadi brand ambassador Celine sejak September 2020. Pada bulan Desember 2021 lalu, artis tersebut kemudian dinobatkan sebagai brand ambassador global untuk koleksi Celine Haute Parfumerie. Lisa Blackpink juga turut serta dalam fashion show musim panas Celine 2022 di Nice, Prancis.


Baru-baru ini, Lisa Blackpink menghadiri show menswear musim semi 2023 Celine di Paris, bersama V BTS dan aktor Korea Selatan Park Bo-gum. Ketenarannya membuat penonton dan penggemar sempat ramai saat mereka berada di atas panggung.


5. Jaehyun NCT – Prada


Jaehyun NCT – Prada. Sumber: Soompi.com


Jaehyun NCT telah terpilih sebagai duta rumah mewah Italia Prada sejak tahun 2022. Pada 19 Juni 2022, Jaehyun menghadiri “SS23 Prada Uomo Fashion Show” yang menampilkan koleksi pakaian pria koleksi spring/summer 2023 Prada di Milan, Italia.


Acara tersebut menandai dimulainya Jaehyun NCT sebagai brand ambassador. Tahun lalu pada September 2021, Jaehyun juga menjadi selebritas pertama yang menyiarkan acara Prada secara langsung melalui media sosial ketika ia menghadiri acara peluncuran koleksi Musim Semi/Musim Panas 2022 merek tersebut.


Seorang representatif Prada mengatakan bahwa melalui beberapa kolaborasi dengan Jaehyun, Prada dapat merasakan pengaruhnya yang kuat. Ia dipilih Prada sebagai brand ambassador karena kiprahnya sebagai seorang seniman yang benar-benar menggambarkan Prada sejak awal, mulai dari visualnya yang mewah hingga selera fashionnya yang luar biasa.


6. Lee Min Ho – Fendi


Lee Min Ho – Fendi. Sumber foto: tatlerasia.com


Aktor Lee Min-ho ditunjuk sebagai brand ambassador baru Fendi sejak Maret 2022. Agensi Lee MYM Entertainment membagikan foto-foto Lee saat berpose mengenakan pakaian Fendi dari koleksi pria musim spring/summer 2022. Di koleksi foto tersebut Lee, mengenakan outfit serba hitam dengan blazer jacquard, kemeja, celana dan tas Fendi Peekaboo berukuran sedang.


“Saya merasa sangat terhormat menjadi bagian dari keluarga Fendi sebagai brand ambassador. Bagi saya, Fendi merupakan rumah mode yang kaya akan warisan serta kreativitas,” kata aktor tersebut dalam pengumuman resmi dari Fendi.


Lee Min Ho merupakan brand ambassador Korea kedua Fendi setelah aktris Song Hye Kyo.


7. BTS – Louis Vuitton


BTS – Louis Vuitton. Sumber: prestige.com


Raksasa fashion Prancis Louis Vuitton telah mengumumkan kerja samanya dengan Jin, J-Hope, Jungkook, Suga, V, Jimin, dan RM pada proyek khusus dan branding sejak tahun 2021.

Representatif Louis Vuitton mengatakan bahwa BTS dan Creative Director Koleksi Pria Louis Vuitton, Virgil Abloh, memiliki visi dan ide kreatif yang sejalan. BTS dinilai membuka babak modern kepada Louis Vuitton yang dikenal dengan citra klasiknya karena berhasil menggabungkan kemewahan dan budaya kontemporer.

“Menjadi duta global brand untuk Louis Vuitton adalah momen yang sangat menyenangkan bagi kami,” kata band tersebut. BTS sendiri menjadi grup artis Korea pertama yang bekerja sama dengan Louis Vuitton.


8. Cha Eun Woo – Burberry


Cha Eun Woo – Burberry. Sumber: koreaboo.com


Pada 26 Juli 2021, Burberry mengumumkan Cha Eun Woo sebagai brand ambassador-nya melalui akun Instagram resminya. Cha Eun Woo baru-baru ini berpartisipasi dalam sebuah film fashion mengenakan koleksi TB Monogram Burberry dalam majalah W Korea. Hal ini menandai aktivitas pertamanya sebagai brand ambassador global Burberry.


Dengan visualnya yang menarik dan keterampilan modellingnya selama bertahun-tahun, para penggemarnya mengatakan, tidak mengherankan jika merek mewah besar seperti Burberry akan mendekatinya untuk menjadi brand ambassador.


Sebelum pengumumannya, Eunwoo terlihat melakukan syuting video promosi untuk Burberry di Shinsegae Department Store di Korea Selatan mengenakan Burberry Olympia Bag, di awal Juni 2021. Eunwoo terlihat memamerkan visualnya baik saat berpose maupun saat santai di antara foto. Beberapa hari kemudian, Eunwoo diwawancarai Vogue Korea pada segmen "My Vogue". Pada video ini, Cha Eunwoo menceritakan barang apa saja yang ia simpan di tasnya. Di acara ini, ia juga mengenakan tas yang sama sambil memuji kualitas tas tersebut.


9. Yoon Chan Young – Coach


Yoon Chan Young – Coach. Sumber: gmanetwork.com


Yoon Chan Young, aktor serial Netflix “All of Us Are Dead,” baru saja menjadi brand ambassador dari global Coach pertama dari Korea. Coach memperkenalkan Chan Young pertama kali dalam koleksi Musim Semi/Panas 2022 denim Signature ready-to-wear Coach dan ransel Hitch. Kerja sama Yoon Chan Young dengan Coach dimulai dari Musim Semi 2022, termasuk dalam pengerjaan iklan untuk barang-barang kulit, koleksi ready-to-wear, dan sepatu.


Cara Mengenali Tas Coach Original

“Saya senang menjadi duta Coach, merek yang sangat cocok dengan gaya pribadi saya dan menginspirasi saya. Saya senang menjadi bagian dari Coach untuk Musim semi dan berkolaborasi dengan tim Stuart Vevers,” kata Chan-young.


Menurut representatif Coach sendiri, Chan-young mewujudkan nilai-nilai Coach yakni memperjuangkan optimisme dan keberanian autentik untuk menjadi diri sendiri.


10. Kim Tae Ri – Kenzo


A picture containing sky, kite, person, colorful

Description automatically generated

Kim Tae Ri – Kenzo. Sumber: herworld.com


Menggantikan model asal China Ming Xi, Kim Tae Ri dipilih langsung oleh creative director merek tersebut, Patrick Guedj, sebagai brand ambassador parfum Flower by Kenzo. Debut Tae Ri di serial The Handmaiden dinilai Guedj meninggalkan kesan yang mendalam padanya. Sembari menggambarkan kepribadiannya yang sangat kuat dan juga sangat feminin, Guedj mengatakan Kim adalah seseorang yang tahu apa yang dia inginkan dan apa yang dia lakukan.


Menurut Guedj, Kim Tae Ri terlihat berwajah sangat muda, tetapi dia sebenarnya memiliki kepribadian baja. Kontras itulah yang menjadikannya brand ambassador parfum Kenzo dalam dirinya. Kekuatan dan kerapuhan itu mirip dengan bunga poppy yang melambangkan Kenzo.


“Saya pikir bunga poppy memiliki kualitas yang sangat kontras karena memiliki batang yang sangat tipis dan rapuh yang sebenarnya merupakan kekuatan hidup yang mendukung bunga yang cerah dan dominan,” kata Guedj.


Itulah 10 artis Korea Selatan yang menjadi brand ambassador brand terkemuka dunia. Adakah artis favoritmu di sini?