10 Brand Sepatu Terbaik untuk Wanita, Mana Favoritmu?

on November 15, 2022

Saling bersaing dalam material dan teknologi pembuatan sepatu terbaru, ini 10 brand sepatu terbaik!

Tahukah kamu bahwa industri sepatu menghasilkan sekitar $200 miliar dalam setahun? Karena hal ini, banyak perusahaan sepatu terkenal berlomba-lomba menggunakan teknologi mutakhir untuk menciptakan sepatu yang nyaman dan mempunyai nilaii fashion yang tinggi. 

Desain, kecocokan, kenyamanan, dan jenis bahan adalah beberapa hal yang jadi pertimbangan pelanggan untuk membeli sebuah sepatu. Dari 40.000 tahun lalu, sejak sepatu pertama tercatat digunakan manusia semata untuk fungsi alas kakinya, kini item fashion ini telah meningkat fungsinya menjadi alat untuk bergaya, bahkan simbol status sosial. 

Yuk, simak 10 brand sepatu terbaik di dunia yang terus mengeluarkan inovasi untuk produknya, serta senantiasa meningkatkan mutunya.

 

1. Aquazzura

Aquazzura Love Link 105 Slingback Heels Grained White

Sejak debut mereka pada tahun 2012, Aquazzura menjadi brand sepatu yang sensasional. Aquazzura jadi terkenal berkat dipamerkan di berbagai set series dan film seperti Sex and the City yang dibintangi Sarah Jessica Parker, dikenakan Ana de Armas di James Bond: No Time to Die, juga oleh Lady Gaga di House of Gucci.

Tidak heran, sebab brand sepatu yang didirikan Edgardo Osorio ini berkesan feminin dan edgy. Pendiri yang merangkap creative director ini menggabungkan teknik tradisional pembuatan sepatu dengan material yang mewah. Setelah melanglang buana di Kolombia, Miami, dan London sebagai creative director, Osorio mendirikan sendiri brand-nya di Florence, Italia. Kota yang merupakan jantung dari seni dan fashion Italia.

Tidak hanya cantik, Osorio juga berfokus pada kenyamanan dan daya tahan pakai sepatu. Kini, koleksi Aquazzura tersedia di lebih dari 300 distributor di 58 negara serta dipamerkan di butik-butik utamanya di Florence, London, New York, Miami, Doha, Dubai, Milan, São Paulo, Capri, Madrid, hingga Paris.

Cek salah satu rekomendasi dari voila.id yakni sepatu Aquazzura seri Love Link 105 Slingback Heels Grained White. (https://voila.id/collections/aquazzura/products/aquazzura-love-link-105-slingback-heels-grained-white)  

 

2. Bally

Bally Evanca 45 Lamb Leather Pumps Beige Wom

Brand sepatu Bally berawal dari sebuah bisnis keluarga di Swiss. Didirikan tahun 1851 oleh Carl Franz Bally dan saudaranya Fritz di ruang bawah tanah rumah keluarga mereka. Keluarga mereka merupakan pebisnis produksi pita sutra. Namun, ketika Carl berusia 17 tahun, ia memutuskan untuk masuk ke manufaktur sepatu, terutama setelah tinggal di Paris. Setelah meninggalnya Carl pada tahun 1899, perusahaan terus berlanjut di bawah manajemen putra Carl, Eduard dan Arthur. Hingga kini, Bally terus memproduksi sekitar dua juta pasang sepatu pertahun, mempekerjakan 3.200 orang.

Sepatu Bally mencetak namanya di sejarah setelah digunakan oleh Sir Edmund Hillary dan rekan pendakiannya Sherpa Tenzing Norgay, manusia pertama yang menaklukkan Gunung Everest. Mereka mengenakan sepatu bot Bally Reindeer-Himalaya selama pendakian bersejarah tersebut.

Terkenal dengan ciri timeless dan elegannya, Bally juga merupakan sepatu buatan tangan yang menggunakan material kulit terbaik, dan dengan teknik pembuatan luar biasa. Itulah sebabnya hingga kini, Bally tetap menjunjung reputasi sebagai salah satu brand sepatu terbaik di dunia. Tidak hanya memproduksi sepatu outdoor. Bally juga memproduksi sepatu wanita yang cantik, juga barang-barang kulit lainnya.

Cek salah satu rekomendasi dari voila.id, yakni seri Evanca 45 Lamb Leather Pumps Beige Wom. (https://voila.id/collections/all/products/bally-evanca-45-lamb-leather-pumps-beige-wom

Baca juga : Mix & Match Gucci, Bally, Hingga Valentino Garavani | Styling Session with Voila.id

 

3. Christian Louboutin

Christian Louboutin Kate 100 Nappa Pumps Black

Siapa yang tidak kenal brand sepatu Christian Louboutin? Sepatu buatan perancang Prancis ini terkenal dengan alas kaki stiletto-nya yang mewah, menggunakan sol berciri khas furnish merah mengilap. Ia memulai bisnis sepatunya sendiri di Paris pada tahun 1991, setelah bekerja sebagai desainer sepatu wanita untuk Chanel, Yves Saint Laurent, dan Maud Frizon. Berkat reputasinya, pembeli pertamanya adalah Putri Caroline dari Monako!

Diambil langsung dari kutipannya sendiri, goals utama Louboutin akan sepatunya adalah “membuat seorang wanita terlihat seksi, cantik, dengan kaki yang terlihat sepanjang mungkin". Dicintai oleh berbagai kalangan kelas atas, salah satu pembeli utamanya adalah novelis Amerika Danielle Steele. Wanita ini tercatat memiliki 6.000 pasang sepatu Louboutin dan pernah memborong 80 pasang sepatu Louboutin dalam sekali belanja. 

Louboutin banyak melakukan partnership dengan perusahaan lain untuk proyek kreatif seperti karya edisi terbatas, pameran galeri, dan bar khusus. Kini, Christian Louboutin juga menjual sepatu pria, tas tangan, parfum, dan makeup di 71 toko yang tersebar di 27 negara. Sepatu ini juga tersedia di website-nya dan banyak lagi distributor resminya.

Cek salah satu rekomendasi dari voila.id, yakni seri Kate 100 Nappa Pumps Black. (https://voila.id/collections/all/products/christian-louboutin-kate-100-nappa-pumps-black

 

4. Gianvitto Rossi

Gianvito Rossi Odyssey 105 Sandal Heels Black

Gianvito Rossi merupakan putra dari Sergio Rossi, creative designer untuk sepatu Versace sejak tahun 1990-an. Setelah bekerja untuk ayahnya, Gianvito Rossi memutuskan untuk meluncurkan merk sepatunya sendiri, membuat debut yang sukses di Spring/Summer 2006 Milan Fashion Week. Sejak itu, ia membangun reputasinya sendiri di industri sepatu secara internasional. Kenyamanannya, mutunya, dan desainnya yang feminin dan kuat jadi kekuatan brand Gianvito Rossi.

Butik utama Gianvito Rossi tersebar di seluruh dunia, mulai dari Hong Kong, Milan, Paris, London, New York, Tokyo, dan Miami. Kini, dia juga telah meluncurkan koleksi sepatu kulit anak sapi dan sepatu kanvas untuk pria yang didistribusikan oleh stokis seperti Net-A-Porter, Matches Fashion, dan Saks Fifth Avenue.

Pada Maret 2019, Rossi menjalin kemitraan dengan Harvey Nichols di Dubai, untuk merilis koleksi eksklusif yang menampilkan tiga motif baru yang berbeda pada siluet sepatu andalannya. Pada April 2019, Rossi memperluas bisnisnya ke Asia Tenggara dengan membuka butik di Singapura.

Cek salah satu rekomendasi dari voila.id, yakni seri Odyssey 105 Sandal Heels Black. (https://voila.id/collections/all/products/gianvito-rossi-odyssey-105-sandal-heels-black

 

5. Jimmy Choo

Jimmy Choo Love 100 Glitter Pumps Silver

Jimmy Choo merupakan salah satu brand sepatu favorit Putri Diana, Princess of Wales. Karena bisnisnya yang melejit, perusahaan ini tercatat di Bursa Efek London hingga diakuisisi pada November 2017 oleh Michael Kors Holdings (sekarang Bernama Capri Holdings).

Ketenaran Jimmy Choo berawal dari sensasi dan kemampuannya dalam mereplika sendiri sepatu Manolo Blahnik dalam berbagai warna. Itulah masa Tamara Mellon, editor Vogue, keluar dari Vogue dan mengajak Jimmy Choo membuat brand sepatu mewahnya sendiri. Toko pertamanya dibuka di London pada tahun 1996. Salah satu desainer pertamanya adalah Sandra Choi, keponakan dari istrinya sendiri.

Sepatu yang elegan dari Jimmy Choo banyak dikenakan artis di berbagai serial televisi, termasuk oleh Sarah Jessica Parker di Sex and the City, Anne Hathaway di the Devil Wears Prada, dan Patricia Clarkson di House of Cards.

Cek salah satu rekomendasi dari voila.id, yakni seri Love 100 Glitter Pumps Silver. (https://voila.id/collections/all/products/jimmy-choo-love-100-glitter-pumps-silver

Baca juga : Jenis Sepatu Wanita yang Paling Populer, Mana Favoritmu?

 

6. Mach & Mach

Mach & Mach Double Bow Silk Satin Pumps Heels 100mm Pink

Walau merupakan brand yang terhitung baru, popularitas sepatu berhak dengan kilauan ala negeri dongeng ini viral di media sosial. Mach dan Mach adalah salah satu label desainer yang paling banyak dibicarakan saat ini. Sepatu glamor ini dikenakan banyak selebritas dan influencer, mulai dari Kendall Jenner hingga Camila Cabello.

Berasal dari Tbilisi di Georgia, Mach dan Mach didirikan oleh Nina dan Gvantsa Macharashvili pada tahun 2012. Ciri khasnya adalah sepatu ala Cinderella dengan aksesori bertatahkan berlian imitasi dan desain yang sangat feminin. Brand ini ini mendapatkan perhatian internasional setelah debut mereka di Paris Fashion Week pada tahun 2020.

Sensasi mereka dimulai dari viralnya slingback heels berpita ganda dengan kristal, dilengkapi tali ganda di pergelangan kakinya. Sepatu ala Cinderella ini hadir dalam warna pink lembut, biru muda, hijau zamrud, dan copper. Menggemaskan!

Cek salah satu rekomendasi dari voila.id, yakni seri Double Bow Silk Satin Pumps Heels 100mm Pink. (https://voila.id/collections/all/products/mach-mach-double-bow-silk-satin-pumps-heels-100mm-pink)  

 

7. Malone Souliers

Malone Souliers Maureen 85 Nappa Leather Heels Black Black

Didirikan di London pada tahun 2014 oleh Mary Alice Malone, Malone Souliers dengan cepat menjadi buah bibir. Sepatu ini terkenal akan estetika femininnya dan siluet yang khas, dan palet warna yang meriah.

Kualitas bahan yang tinggi, keterampilan pembuatan tingkat tinggi dengan metode cordwaining, dan perhatiannya terhadap detail membuat label ini jadi favorit banyak orang, termasuk artis Hollywood. Berbagai nama besar yang menjadi fans sepatu ini di antaranya adalah Gwyneth Paltrow, Beyoncé, dan Meghan Markle.

Teknik cordwaining tradisional yang digunakan dalam sepatu Malone Souliers memberikan kesan seksi pada bentuk kaki wanita dan menyempurnakan lengkungannya. Detail tali yang khas dan lekukan kakinya yang bergelombang adalah ciri khas setiap koleksinya. Tidak hanya cantik, tetapi juga nyaman. Teknik ini memungkinkan sepatu memiliki proporsi dan keseimbangan terpusat di tumit. 

Kini, brand ini tersebar di 200 distributor internasional dan bermitra dengan nama besar seperti Roksanda Ilincic, Adam Lippes, Richard Malone, Emanuel Ungaro dan yang terbaru, Deveaux New York.

Cek salah satu rekomendasi dari voila.id, yakni seri Maureen 85 Nappa Leather Heels Black. (https://voila.id/collections/malone-souliers/products/malone-souliers-maureen-85-nappa-leather-heels-black-black

 

8. Manolo Blahnik

Manolo Blahnik

Walau menjadi nama yang identik dengan sepatu mewah, Manolo Blahnik sebenarnya tidak sengaja menjadi desainer sepatu. Dia belajar seni dan desain set di Paris ketika, pada tahun 1969, ia bertemu direktur Met Costume Institute, Diana Vreeland. Saat melihat sketsa “A Midsummer Night’s Dream,” yang dibuat Manolo, Vreeland memperhatikan sandal hak tinggi Hippolyta yang dihiasi dengan tanaman ivy dan ceri. Ia melihat bakat desain sepatu Manolo di sana.

Debut pembuatan sepatunya dimulai pada 1971, saat ia mendesain sepatu perdananya untuk desainer Inggris paling terkemuka saat itu, Ossie Clark. Tak lama setelahnya, ia membuka butik pertamanya di Old Church Street, di Chelsea. Pada masa-masa awal itu, Manolo tidak pernah meninggalkan tokonya. Keunikan sepatunya membuat nama besar seperti Bianca Jagger, Rupert Everett, David Hockney, dan Anna Wintour menjadi penggemarnya. Sepatu andalannya adalah stiletto ramping dengan desain feminin yang amat lembut, mendobrak tren sepatu platform yang tebal di masa itu.

Popularitas sepatu Manolo tidak hanya didapatkan berkat keberuntungan saja, tetapi juga karena passion yang tinggi dalam pembuatannya. Bahkan, pada tahun 2017, Michael Roberts membuat film tentang Manolo berjudul Manolo: The Boy Who Made Shoes for Lizards. 

Cek salah satu rekomendasi dari voila.id, yakni seri Hangisi 90 Satin Pumps with FMC Crystal Buckle Magenta. (https://voila.id/collections/all/products/manolo-blahnik-hangisi-90-satin-pumps-with-fmc-crystal-buckle-magenta)  

 

9. Roger Vivier

Roger Vivier Viv' Rangers Strass Buckle Leather Sandals Argento

Tahukah kamu tentang Faberge, seniman telur mewah dari Prancis yang terkenal dengan karya seni berharga tinggi favorit kerajaan? Nah, jika Roger Vivier sendiri, ia dijuluki sebagai Faberge-nya sepatu.

Lahir pada tahun 1907, Roger Vivier dikenal dengan sepatu yang tampak seperti karya seni. Pada tahun 1924, ia memulai studi seni pahatnya di Sekolah Seni Rupa Paris, yang ia tinggalkan dua tahun kemudian untuk mempelajari seni pembuatan sepatu dan memulai magang. Terpesona oleh dunia teater dan aula musik, Vivier merancang beberapa dekorasi panggung. 

Di belakang panggunglah, ia bertemu Josephine Baker dan Mistinguett, seniman teater terkenal, yang kemudian meminta dirancangkan sepatu. Ciri khasnya adalah desain yang grande. Hingga kini, brand Roger Vivier digemari berbagai nama besar seperti Cate Blanchett, Scarlett Johansson, Charlize Theron, Sharon Stone, Marion Cotillard, Katie Holmes, Jessica Alba, Freida Pinto, Anne Hathaway, Shu Qi, Fan Bingbing, dan Jennifer Lawrence.

Cek salah satu rekomendasi dari voila.id, yakni seri Viv' Rangers Strass Buckle Leather Sandals Argento. (https://voila.id/collections/all/products/roger-vivier-viv-rangers-strass-buckle-leather-sandals-argento)   

 

10. Valentino

Valentino Garavani Rockstud Ankle Strap Pumps Heels 100mm Ivory Poudre

Brand Valentino didirikan pada tahun 1960 di Roma, oleh Valentino Garavani. Brand dan semua pakaian Valentino dikenal dengan gayanya yang khas dan mencolok. Namun, trademark-nya adalah warna "merah Valentino" yang unik.

Berkat kualitas sepatunya, Valentino menjadi salah satu perusahaan fashion paling sukses dan paling cepat berkembang di dunia. Antara tahun 2013 dan 2019, rumah mode menjual produk dengan nilai lebih dari 1 miliar dolar, mewakili pertumbuhan 134% berdasarkan laporan.

Saat ini, rumah mode Italia Valentino dimiliki oleh keluarga kerajaan Qatar yang membelinya dengan harga 700 juta Euro. Tidak hanya terkenal di Italia, tapi juga seluruh dunia. Desain sepatu Valentino dikenal sederhana, tetapi fashionable, dan terkesan anggun sejak awal berdirinya. Kini, Valentino semakin dikenal berkat desain sepatu dengan stud-nya yang berkesan edgy.

Cek salah satu rekomendasi dari voila.id, yakni seri Rockstud Ankle Strap Pumps Heels 100mm Ivory Poudre. (https://voila.id/collections/all/products/valentino-garavani-rockstud-ankle-strap-pumps-heels-100mm-ivory-poudre)   


Itulah 10 brand sepatu yang saat ini dikenal terbaik di dunia. Yang manakah yang menjadi favoritmu?