10 Merk Baju Terkenal Paling Ternama, Simak di Sini!

on December 01, 2022

Berbagai merk baju terkenal  paling populer di pasaran. Mana yang menjadi favoritmu?

Ada banyak brand baju terkenal dengan kualitas terbaik. Perkara desain yang menarik atau tidak, tentu saja tergantung selera masing-masing. Namun, berbicara mengenai kepopularitasannya, hal ini tentu bersifat objektif. Pertama, label mode diukur berdasarkan nilai pasar mereka. Yang kedua, berdasarkan seberapa sering brand ini dibicarakan di media sosial dan seberapa gencar perilaku konsumennya dalam membeli. Yang jelas, sepuluh rumah mode terkenal ini umumnya memiliki sejarah panjang sehingga bisa mempertahankan nama besarnya hingga sekarang. Jika label tersebut adalah pendatang baru, brand ini dipersiapkan dengan sangat matang. Label-label baju tersebut juga memiliki ciri khas masing-masing yang membuatnya disukai para konsumennya.

Apa sajakah sepuluh brand mode tersebut? Simak lengkapnya di sini!

Baca Juga : Inspirasi Mix and Match 8 Outfit Kemeja Wanita dari Berbagai Seleb Dunia!

 

1. Balmain

Balmain Logo Print Sweatshirt Grey White Man

Balmain Logo Print Sweatshirt Grey White Man

Balmain adalah rumah mode mewah Prancis yang didirikan oleh Pierre Balmain pada tahun 1945. Estetika desain Balmain dikenal karena aplikasi detail pada setiap desain produknya dan memiliki siluet klasik, baik untuk desain pakaian pria dan wanita. Oscar de la Renta merupakan salah satu creative designer paling terkenal di Balmain. Seperti halnya Pierre Balmain sendiri, de la Renta yang bekerja untuk Balmain di tahun 1993-2002 menciptakan berbagai desain yang  sederhana alih-alih gaya penuh ornamen yang mencolok.

Kini, sisi kreatif Balmain dikepalai oleh Olivier Rousteing. Ciri khas desainer ini adalah kekentalan ornamen Asianya mengingat pangsa pasar Balmain di Asia yang cukup besar.

Cek produk favorit Balmain di voila.id seperti Long Draped Jersey Dress Black (https://voila.id/collections/balmain/products/balmain-long-draped-jersey-dress-black) dan Logo Print Sweatshirt Grey White Man (https://voila.id/collections/balmain/products/balmain-logo-print-sweatshirt-grey-white-man). 

Baca Juga : Inspirasi Tren Fashion Fall dan Winter 2022

 

 

2. Givenchy

Givenchy Asymmetric Metallic Details Silk Dress Black

Givenchy Asymmetric Metallic Details Silk Dress Black

Givenchy adalah rumah mode dari Prancis. Selain dikenal dengan haute couture-nya, Givenchy juga dikenal dengan pakaian ready to wear, aksesori, parfum, dan kosmetik dari Parfums Givenchy. Rumah mode Givenchy didirikan pada tahun 1952 oleh desainer Hubert de Givenchy dan merupakan anggota Chambre Syndicale de la Haute Couture et du Prêt-à-Porter. Rumah mode ini dikenal dengan ciri khas casual chic yang terkesan mahal.

Pada awalnya, Givenchy mendesain pakaian hanya  untuk wanita. Namun, pada tahun 1969, Givenchy mengeluarkan koleksi prianya dengan nama “Gentleman Givenchy”. Hubert de Givenchy punya hubungan yang baik dengan desainer dunia lainnya, yakni Cristobal Balenciaga. Balenciaga-lah yang mendorong Givenchy mengembangkan lisensinya pada tahun 1970-an, untuk memayunginya di dunia high fashion

Dari 2 Mei 2017 hingga 10 April 2020, posisi artistic director Givenchy dipegang oleh Clare Waight Keller yang menjadi wanita pertama menduduki posisi tersebut. Di masa kepemimpinan Keller, Givenchy mengeluarkan karya yang memukau mata dunia seperti gaun pernikahan Meghan Markle dengan Pangeran Harry dari Inggris. Kini, posisi tersebut dipegang oleh Matthew Williams yang memberikan warna edgy pada rumah mode ini. Karyanya banyak dikenakan oleh selebritas seperti Kendall Jenner dan Bella Hadid.

Cek produk favorit Givenchy di voila.id seperti 4G Monogram Logo Mini Dress Black (https://voila.id/collections/givenchy/products/givenchy-4g-monogram-logo-mini-dress-black) dan Asymmetric Metallic Details Silk Dress Black (https://voila.id/collections/all/products/givenchy-asymmetric-metallic-details-silk-dress-black

Baca Juga : Mengenal 7 Jenis Model Atasan Wanita Basic yang Harus Ada di Lemarimu

 

3. Kenzo

Kenzo Tiger T-Shirt Black Logo Grey Man

Kenzo Tiger T-Shirt Black Logo Grey Man

Kenzo adalah rumah mode mewah Prancis yang didirikan pada tahun 1970 oleh desainer Jepang Kenzo Takada. Kenzo Takada merupakan desainer kelahiran Jepang tahun 1939, yang kemudian pindah ke Paris untuk mengejar karier fashion designer-nya pada tahun 1964. Ciri khasnya adalah gaya Jepang dan Asia pada konstruksi fashion khas Eropa.

Di awal rumah mode ini berdiri, Kenzo merancang pakaian wanita. Pada tahun 1983, Kenzo mulai merancang koleksi pria, diikuti oleh rancangan koleksi pakaian anak-anak dan perabotan rumah pada tahun 1987. Kini, posisi creative director Kenzo dipegang oleh Nigo, desainer Jepang yang terkenal dengan karya Bathing Ape-nya. Seperti halnya Kenzo sendiri, Nigo juga merupakan desainer yang banyak memasukkan unsur edgy nan eksotis khas Asia pada merk Prancis ini.

Baca Juga : 4 Ide Styling Formal Look untuk Pesta ala Margenie MG

Cek produk favorit Kenzo di voila.id seperti Tiger T-Shirt Black Logo Grey Man (https://voila.id/collections/kenzo/products/kenzo-tiger-t-shirt-black-logo-grey-man) dan Tiger Embroidered Elasticated Canvas Espadrilles White Pink (https://voila.id/collections/kenzo/products/kenzo-tiger-embroidered-elasticated-canvas-espadrilles-white-pink)  

 

4. Missoni

Missoni Crochet-Knit and French Cotton-Terry Hoodie Black Green

Missoni Crochet-Knit and French Cotton-Terry Hoodie Black Green

Missoni adalah rumah mode mewah Italia yang berbasis di kota Varese. Brand pakaian ternama  ini terkenal dengan desain pakaian rajutnya yang berwarna-warni. Perusahaan ini didirikan oleh Ottavio dan Rosita Missoni pada tahun 1953. Mereka mempresentasikan koleksi pertama mereka di bawah label Missoni di Milan pada tahun 1958. 

Missoni terkenal dengan kontroversinya di tahun 1967 setelah memamerkan rancangan yang hampir tembus pandang di bawah cahaya. Bisnis Missoni diteruskan oleh putri Ottavio dan Rosita, bernama Angela Missoni. Tidak hanya terkenal dengan line produk wanita, Missoni juga mengeluarkan rancangan Missoni Sport, M Missoni (line fashion Missoni dengan harga yang lebih terjangkau), Missoni Home, dan Hotel Missoni.

Baca Juga : 5 Ide Mix & Match Outfit Kerja yang Comfy Tapi Tetap Stylish


Cek produk favorit Missoni di
voila.id seperti Crochet-Knit and French Cotton-Terry Hoodie Black Green (https://voila.id/collections/all/products/missoni-crochet-knit-and-french-cotton-terry-hoodie-black-green) dan Zig Zag Knit Scarf Rossa Multicolor (https://voila.id/collections/all/products/missoni-zig-zag-knit-scarf-rossa-multicolor)   

 

5. 3.1 Philip Lim

3.1 Philip Lim Broderie Anglaise Zip-Front Shirt Mini Dress Ivory

Philip Lim Broderie Anglaise Zip-Front Shirt Mini Dress Ivory

Phillip Lim adalah perancang mode Amerika keturunan Tiongkok. Keluarga Lim berimigrasi ke Amerika Serikat dari Thailand di masa genosida Kamboja. Lim ikut mendirikan dan bekerja di label mode Development yang berbasis di Los Angeles dari tahun 2000 hingga 2004. Pada musim gugur 2005, ia ikut mendirikan 3.1 Phillip Lim bersama teman dan mitra bisnisnya, Wen Zhou. Selain sebagai pendiri, ia juga bekerja sebagai creative designer.

Di lini pakaian wanita, Phillip Lim dikenal sebagai perancang gaun dan pakaian ready to wear yang anggun dan fashionable. Karyanya membuahkan penghargaan. Council of Fashion Designers of America menganugerahi Lim penghargaan Emerging Talent in Womenswear untuk karyanya di 3.1 Phillip Lim pada tahun 2007. Lim kemudian juga merancang pakaian pria dan aksesori. Pada tahun 2012, dia dianugerahi penghargaan Swarovski untuk rancangan pakaian prianya. Kini 14 gerai utama 3.1 Phillip Lim telah tersebar di seluruh dunia.

Baca Juga : Month of Branded Haul: Here's a Guide That You Need to Know

Cek produk favorit Philip Lim di voila.id seperti Broderie Anglaise Zip-Front Shirt Mini Dress Ivory (https://voila.id/collections/phillip-lim/products/phillip-lim-broderie-anglaise-zip-front-shirt-mini-dress-ivory)  dan Mini Pashli Satchel - Jade Ghw (https://voila.id/collections/phillip-lim/products/phillip-lim-mini-pashli-satchel-jade-ghw)    

 

6. Self-Portrait

Self Portrait Cotton Broderie Anglaise Puff Sleeves Midi Dress Lilac

Self-Portrait Cotton Broderie Anglaise Puff Sleeves Midi Dress Lilac

Self-Portrait merupakan brand pakaian orisinal yang didirikan oleh Han Chong seorang desainer kelahiran Malaysia. Pindah ke London sejak tahun 2013, Han Chong merupakan lulusan fashion design dari Central Saint Martins, London. 

Motto dari Self-Portrait sendiri adalah perayaaan dan pemberdayaaan wanita lewat pakaian. Ciri khas brand ini adalah siluetnya yang feminin dan tidak lekang oleh waktu. Bagi Han Chong, pakaian wanita yang elegan harus bisa diakses oleh dan terjangkau semua kalangan.

Baca Juga : 5 Styles to Spice up Your Tiger Chinese New Year

Cek produk favorit Self Portrait di voila.id seperti Cotton Broderie Anglaise Puff Sleeves Midi Dress Lilac (https://voila.id/collections/all/products/self-portrait-cotton-broderie-anglaise-puff-sleeves-midi-dress-lilac) dan Floral Broderie Mini Dress Cinnamon (https://voila.id/collections/all/products/self-portrait-floral-broderie-mini-dress-cinnamon)     

 

7. STAUD

STAUD Off-Shoulder Flared Midi Dress Wom

STAUD Off-Shoulder Flared Midi Dress Wom

STAUD merupakan brand asal Amerika Serikat yang dirancang oleh Sarah Staudinger. Staudinger meluncurkan labelnya STAUD dengan mitra bisnisnya George Augusto pada tahun 2015, dan berkembang pesat pada tahun 2018. Atas karyanya, di tahun 2019, ia masuk dalam daftar Forbes 30 Under 30 Arts & Style.

Di era digital ini, STAUD dengan cepat memiliki fans setia. Selain memasarkan pakaian wanita, lini aksesorinya juga sangat sukses. Salah satunya adalah Moreau bucket bag. Sebelum mendirikan STAUD, Staudinger merupakan fashion director di label Reformation. Di awal karirnya, dia bekerja sebagai asisten penata gaya. STAUD dikenal dengan desainnya yang feminin dan playful. Jika menggemari pakaian bergaya bubbly, kamu harus cek berbagai koleksi merk original ini.

Baca Juga : Ngantor Hingga Nongkrong Selalu On Point! | Styling Session with voila.id


Cek produk favorit STAUD di
voila.id seperti Off-Shoulder Flared Midi Dress Wom (https://voila.id/collections/all/products/staud-off-shoulder-flared-midi-dress-wom) dan Delmore Dress Natural Black (https://voila.id/collections/all/products/staud-delmore-dress-natural-black).      

 

8. Ulla Johnson

ulla johnson Olina Long Dress Waimea

Ulla Johnson Olina Long Dress Waimea

Merupakan label eponim, brand ini didirikan oleh Ulla Johnson pada tahun 1998, tepat setelah kelulusannya dari sekolah fashion. Ulla lahir dan dibesarkan di Manhattan, Amerika Serikat. Sebagai putri dari seorang arkeolog, Ulla Johnson memiliki ciri khas desain perpaduan gaya perkotaan di New York dan aksen etnik berkat latar keluarganya. Dengan cepat, merk ini menuai perhatian dari media fashion

Kini, koleksi Ulla Johnson memiliki fans setia dan didukung banyak retail di Amerika Serikat, Eropa, Australia, dan Asia. Detail konstruksi kuat, bahan serat alami, finishing yang indah, dan potongan yang sederhana menjadi nilai jual brand ini.

Baca Juga : 3 Rekomendasi Styling Celana Jeans Tetap Mewah - Wajib Coba

Cek produk favorit Ulla Johnson di voila.id seperti Olina Long Dress Waimea (https://voila.id/collections/all/products/ulla-johnson-olina-long-dress-waimea) dan Joanie Blouse Carmine (https://voila.id/collections/all/products/ulla-johnson-joanie-blouse-carmine).      

 

9. Vetements

vetements Jurassic Unicorn T-Shirt White Man

Vetements Jurassic Unicorn T-Shirt White Man

Vetements Group AG didirikan pada tahun 2014. Label ini didirikan oleh perancang busana Georgia Demna Gvasalia dan Guram Gvasalia. Desain pakaian di Vetements dikerjakan oleh sekelompok desainer yang pernah bekerja di rumah-rumah mode terkemuka seperti Maison Margiela, Louis Vuitton, Balenciaga, Céline, dan Royal Academy of Arts di Antwerp.

Ciri khas desain Vetements adalah fashion yang lebih pragmatis dan membumi agar bisa dikenakan dan dipadupadankan oleh anak muda secara masal. Berkat desainnya yang bersih dan simpel, Demna membuat Vetements go international hanya dalam tiga musim. Menurut majalah Vogue, Vetements berhasil membuat desain massa menjadi naik kelas. Kini, Demna Gvasalia bekerja sebagai Creative Director di Balenciaga. Posisi Creative Designer Vetements pun dipegang oleh Guram Gvasalia.

Cek produk favorit Vetements di voila.id seperti Jurassic Unicorn T-Shirt White Man (https://voila.id/collections/all/products/vetements-jurassic-unicorn-t-shirt-white-man) dan Intarsia-Knit Logo Skirt Blue White (https://voila.id/collections/all/products/vetements-intarsia-knit-logo-skirt-blue-white). 

Baca Juga : 3 Tips Styling T-Shirt Branded Agar Tampil Modis

 

10. Zimmermann

zimmermann Jude Paisley Midi Dress Mustard Paisley

Zimmermann Jude Paisley Midi Dress Mustard Paisley

Zimmermann adalah brand fashion mewah asal Australia. Label ini didirikan pada tahun 1991 oleh Nicky dan Simone Zimmermann yang merupakan kakak dan adik. Zimmermann terkenal dengan pakaian wanita dengan potongan simple, tetapi dengan motif print yang grande.

Butik pertama Zimmermann dibuka pada tahun 1992. Brand ini berawal di Sydney ketika Nicky Zimmermann, yang bersekolah di sekolah desain di East Sydney, mulai mendesain pakaian dari garasi orang tuanya dan menjualnya di pasar Paddington. Di sinilah dia dapat melihat secara langsung bagaimana tanggapan pasar terhadap kreasi pakaiannya. Adiknya, Simone pun bergabung dengannya pada tahun 1991.

Zimmermann menampilkan koleksi pakaian siap pakai mereka setiap tahun di Australia dan Amerika Serikat di New York Fashion Week. Pada tahun-tahun berikutnya, label wanita Zimmermann juga merambah ke lini pakaian renang, anak-anak, dan aksesori. Setelah ekspansi, Zimmermann mulai menyediakan koleksi pakaian siap pakai di luar Australia. 

Cek produk favorit Zimmermann di voila.id seperti Jude Paisley Midi Dress Mustard Paisley (https://voila.id/collections/all/products/zimmermann-jude-paisley-midi-dress-mustard-paisley) dan Aliane Scallop Skirt Blue Floral (https://voila.id/collections/all/products/zimmermann-aliane-scallop-skirt-blue-floral). 

Itulah berbagai merk baju original yang paling ternama. Yang manakah brand favoritmu? Cek berbagai produk dari merk ternama lainnya hanya di voila.id!