Cara Mengenali Tas Coach Original, Simak di Sini

on October 17, 2022

"Karena sangat digemari oleh banyak kalangan, banyak produk Coach tiruan beredar di pasaran. Simak ciri aslinya di sini"


ilustrasi cara mengenali tas coach original

Sejak didirikan oleh Lillian dan Miles Cahn pada tahun 1941, Coach telah berkembang menjadi salah satu label mewah entry-level paling sukses di dunia


Setiap tas yang dibuat selalu dibalut  dengan sempurna, sulit untuk tidak jatuh cinta dengan craftmanship dari brand Coach ini. Mengingat tingginya tingkat craftsmanship dari label Coach ini, penting bagimu untuk mengetahui keaslian suatu produk Coach. Yuk, cek sembilan cara membedakan tas Coach otentik di bawah ini! :


1. Pilih Butik yang Tepat

Coach Tabby shoulder bag 26 leather chalk

Salah satu tas Coach Tabby di Voila.(https://voila.id/products/coach-tabby-shoulder-bag-26-leather-chalk)

Coach tidak menjual produknya di kios-kios tidak resmi di mal, pasar umum, apalagi melalui pedagang kaki lima. Selain situs web resmi dan outlet resmi Coach, kamu bisa dapat membeli tas tangan dan sepatu otentik Coach di voila.id yang sudah dipastikan keorisinalannya.

Jika harga tas terdengar terlalu bagus untuk menjadi kenyataan, mungkin memang demikian adanya. Apabila menginginkan tas Coach asli dengan harga yang lebih terjangkau, cek diskonnya di website Voila ini, atau carilah Coach preloved. Tetapi sebelum itu, kamu juga harus pintar-pintar untuk mengecek keaslian barang preloved yang kamu beli.

 

2. Pastikan Jahitan di Tas Coach yang Simetris

coach swinger 20 shoulder bag natural

Tas Coach Swinger dengan jahitan yang rapi.(https://voila.id/products/coach-swinger-20-shoulder-bag-natural)

Perbedaan nyata antara tas Coach orisinal dan palsu terletak pada jahitannya. Tas Coach otentik sudah dipastikan memiliki jahitan yang rapi. Walau sebagian besar tas Coach sekarang dibuat di China yang terkenal dengan produk tiruannya, tidak berarti Coach menurunkan kualitasnya.

Tas Coach yang dibuat di Tiongkok tetap memiliki kualitas jahitan yang tinggi di seluruh produk mereka. Meskipun tas Coach otentik bisa saja tidak sempurna dalam jahitannya 100%, perbedaan jahitan dengan tas Coach palsu masih bisa terlihat jelas. Jahitan tas Coach palsu memiliki kualitas jahitan yang sangat buruk. Beberapa jahitan bisa saling tumpang tindih. Jarak antar jahitan juga seringkali tidak rata.

 

3. Rasakan Kualitas Bahannya

coach tabby chain clutch bag with beadchain chalk

Coach Tabby Chain dengan bahan kulit berkualitas tinggi.(https://voila.id/collections/all/products/coach-tabby-chain-clutch-bag-with-beadchain-chalk)

Coach adalah perusahaan yang dengan bangga mengerjakan tas secara handcraft, dengan perbantuan tenaga manusia. Sejak awal berdirinya, merk ini menjunjung tinggi kualitas pengerjaannya. Hal yang sama masih berlaku hingga saat ini. Maka, salah satu hal pertama yang harus kamu cek saat akan membeli tas Coach original adalah pada material tas secara keseluruhan.

Tas Coach palsu akan terasa tidak pas potongan kulitnya. Hal ini menyebabkan produk menumpuk di beberapa area. Periksa apakah kulit terluar tas terbuat dari bahan kulit berkualitas tinggi. Hal ini bisa dicek dari tekstur dan baunya. Bahkan, jika kamu membeli tas Coach original preloved, bahan kulit asli tidak akan lekang dimakan waktu. Mungkin, ada bekas khas pemakaiannya seperti bekas lipatan berbentuk serabut kecil.

Untuk tas Coach dengan aksen cincin loop di bagian talinya, lingkaran kulit yang menghubungkan loop tersebut dengan badan tas harus terasa pas dan tidak memiliki celah terlalu besar. Coach sengaja merancang tasnya seperti ini untuk mencegah talinya bergerak terlalu bebas sehingga tas terasa lebih kokoh. Tas Coach palsu biasanya memiliki banyak ruang di dalam loop kulitnya.

 

4. Periksa Aksesoris Logam Tas Coach-mu

coach tali bucket bag signature jacquard stone ivoryCoach Tali Bucket Bag dengan aksesoris logam yang pakem dan mantap. (https://voila.id/collections/all/products/coach-tali-bucket-bag-signature-jacquard-stone-ivory)

Aksesori logam pada tas Coach biasanya terbuat dari kuningan atau nikel. Cara terbaik untuk memeriksanya adalah mengecek beratnya. Aksesori logam Coach akan terasa kokoh dan berat. Sebaliknya, aksesori logam tas Coach palsu akan terasa ringan karena terbuat dari logam yang tidak berkualitas.

Jika tas Coach yang kamu periksa memiliki aksen cincin loop, pastikan aksen ini kokoh dan mulus, terlihat tanpa sambungan. Beberapa tas Coach memiliki cincin loop dengan sambungan, tetapi pasti dipoles dan disejajarkan dengan indah.

Selain itu, periksa juga tas untuk melihat apakah ritsleting mudah tersangkut atau tidak. Ritsleting asli harus bisa dibuka dengan mudah. Coach sendiri menggunakan ritsleting YKK dan Ideal, jadi jangan panik jika kamu melihat merk ini di tas Coachmu.

 

5. Periksa Logo “C” pada Tas

coach field tote 22 in signature jacquard stone ivoryTas Coach Field Tote dengan huruf C di bagian luar yang sejajar sempurna. (https://voila.id/collections/all/products/coach-field-tote-22-in-signature-jacquard-stone-ivory)

Sejak Coach yang merilis tas bermotif versi C yang berbeda-beda ukurannya, semakin sulit bagi kita untuk mengenalinya. Namun, ada dua perbedaan utama antara logo C di tas Coach orisinal palsu dan asli. Pertama, pola motif C harus simetris. Kedua, motifnya selalu mengikuti pola tertentu. Baik dicetak atau disulam, pola motif tas Coach harus berupa dua huruf C yang saling berhadapan, diikuti oleh dua huruf C menyamping satu sama lain.

Beberapa orang mengklaim ciri khas tas Coach orisinal adalah huruf C yang masih berhadapan sejajar secara sempurna pada sambungan jahitannya. Namun, beberapa tas Coach tertentu memiliki ritsleting yang tersembunyi di bagian dalam atau memiliki potongan diagonal, bisa jadi tidak terlalu sempurna jajarannya.

 

6. Mengecek Lapisan Bagian Dalam Tas

coach lucy crossbody taffy goldTas Coach Lucy polos akan memiliki lapisan bermotif C di bagian dalamnya. (https://voila.id/collections/all/products/coach-lucy-crossbody-taffy-gold)

Cara mudah mengecek tas Coach otentik adalah dengan melihat lapisan dalamnya. Jika tas Coach memiliki motif huruf “C” di bagian luarnya, maka, lapisan dalamnya harus berwarna solid. Sebaliknya, jika kamu membeli tas Coach yang tidak bermotif, lapisan dalamnya bermotif huruf C khas label Coach.

Umumnya, lapisan dalam tas Coach berwarna gelap dengan motif huruf “C” yang juga gelap warnanya. Namun, beberapa tas Coach edisi khusus memiliki lapisan dalam bermotif “C” dengan warna yang cerah.

Cara lain untuk menentukan tas Coach-mu original atau palsu lewat bahan lapisan dalam tas. Lapisan dalam tas Coach original menggunakan bahan katun tebal, satin, atau kanvas. Jika lapisannya terlalu mengkilap atau mengingatkanmu akan bahan pakaian prom di tahun ‘80-an, kemungkinan tas tersebut palsu cukup besar.

 

7. Periksa Kemasannya

Dustbag asli CoachDustbag asli Coach. Sumber: guides.brit.co

Dustbag pada tas Coach-mu harus berwarna putih dengan logo Coach di kanan bawah. Jika dustbag Coach-mu memiliki logo di bagian tengah, kami pastikan tas Coach yang kamu beli itu palsu.

Jika kamu memesan tas Coach melalui situs web mereka, tas tersebut harus dilengkapi surat yang menjelaskan sejarah singkat Coach dan ditandatangani oleh presiden ritel Coach. Faktur resmi juga harus disertakan di dalam kotak. Tas Coach biasanya dikemas dalam lembaran kertas tipis dengan stiker emas berlogo Coach di atasnya.

 

8. Lihat Creed Patch dan Nomor Seri Tas khas Coach

Creed patch tas CoachCreed patch tas Coach. Sumber: handbags.lovetoknow.com

Creed patch merupakan lembaran kotak dari kulit yang menandakan keaslian tas tersebut. Tas Coach berukuran reguler biasanya dilengkapi dengan creed patch di bagian dalamnya. Untuk tas dan dompet yang lebih kecil, creed patch biasanya tidak ada.

Creed patch ini bertuliskan satu paragraf dengan huruf kapital keseluruhan dengan konten yang masuk akal. Beberapa creed patch palsu sekilas bisa terlihat asli karena hurufnya kapital. Namun, isi paragrafnya merupakan rangkaian kata-kata yang tidak masuk akal. Ciri khas creed patch palsu lainnya adalah campuran teks huruf besar dan kecil di dalamnya.

Pada tas Coach produksi di bawah tahun 2014, di bawah paragraf dalam creed patch, terdapat nomor seri yang dimulai dengan satu huruf, kemudian diikuti oleh empat angka, tanda hubung, dan angka lainnya. Huruf tersebut sesuai dengan bulan pembuatannya (A – Januari, B – Februari, dan seterusnya), diikuti dua angka yang menunjukkan tahun pembuatannya, kemudian dua angka yang menunjukkan tempat pembuatannya. Kumpulan digit terakhir adalah style code. Saat membeli dari factory outlet, kamu biasanya dapat melihat huruf F tepat sebelum style code tersebut.

Jika kamu tidak menemukan nomor seri di creed patch tasmu, jangan panik. Setelah tahun 2014, Coach berhenti menempatkan nomor seri di creed patch. Sebagai gantinya, mereka menyertakannya pada label putih kecil yang dapat kamu temukan di dalam saku bagian dalam tas.

 

9. Perhatikan Detail Logo Kuda dan Kereta Khas Coach

Logo kuda dan kereta CoachLogo kuda dan kereta Coach. Sumber: commons.wikimedia.org

Logo kuda dan kereta yang ikonik ini dibuat detail. Pertama, logo Coach berbeda-beda tergantung dari line tas tersebut. Beberapa tas memiliki kata "Coach New York" di bawahnya, sementara beberapa lainnya bertuliskan "Coach Leatherware Established 1941". Kuda ikonis dan keretanya juga berbeda ukurannya. Biasanya, untuk model lama, kuda dan keretanya cukup besar dibandingkan dengan yang lebih baru. Logo ini harus menghadap ke kiri. Detailnya harus bagus dan tidak terlihat asal-asalan.

 

Nah, itulah berbagai cara mengecek keaslian tas Coach-mu. Jika kamu masih ragu, jangan ragu untuk menghubungi Coach untuk mengotentikasi produk yang kamu beli. Siapkan nomor seri produk Coach-mu dan minta petugas untuk mengeceknya lewat sistem mereka. Atau kamu bisa membeli tas Coach yang sudah pasti dijamin keasliannya di website voila.id!

 

Bagaimana cara mengenali tas coach original?

Pilih butik yang tepat, pastikan jahitan di tas coach yang simetris, rasakan kualitas bahannya dan periksa aksesoris logam tas coach-mu

 

Siapa pendiri brand coach?

Sejak didirikan oleh lillian dan miles cahn pada tahun 1941, Coach telah berkembang menjadi salah satu label mewah entry-level paling sukses di dunia