Cara Untuk Mengenali Tas Dior Asli, Jangan Sampai Salah Pilih!

on December 02, 2022

Christian Dior Medium Lady D' Natural Wicker and Blue D' Oblique Jacquard

Dior adalah rumah mode luxury yang sukses merevolusi industri fashion wanita, mulai dari tas, pakaian, parfum, skincare, makeup, dan masih banyak lagi. Brand ini disebut-sebut sebagai simbol kebangkitan Paris untuk menjadi pusat fashion dunia. Untuk produk tas sendiri, setiap koleksi tas Dior dibuat dengan teknik rumit dan motif yang khas. Hal ini membuat harga tas Dior terbilang tinggi, sehingga banyak dipalsukan.

Kualitasnya yang tidak perlu diragukan lagi membuat tas Dior banyak dipakai oleh pesohor dunia, termasuk Putri Diana. Ada kesan mewah, glamor, elegan dan berkelas ketika menenteng sebuah tas Dior. Fenomena seperti ini juga membuat banyak orang tertarik membeli tas Dior, sehingga membuat beberapa orang rela untuk membeli dan memakai tas Dior palsu karena tidak mampu membeli yang asli dengan harga yang tinggi.

Baca juga : Cara Membedakan Tas Louis Vuitton Asli dan Palsu: Perhatikan 6 Hal Ini!

Salah satu tas Dior yang paling sering dipalsukan adalah model Book Tote Dior. Tas ini banyak dicari karena tampilannya menarik, kekinian, dan bisa digunakan dalam berbagai kesempatan. Agar kamu tidak tertipu dan menerima kenyataan telah membeli tas Dior palsu, ada baiknya simak beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengenali tas Dior autentik atau yang palsu. 

 

1. Kenali Kualitas Material Tas

Christian Dior Small Lady D My ABC Denim Blue

Small Lady D My ABC Denim Blue

Sebagai high-end bag brand, Dior hanya menggunakan material dan leather berkualitas tinggi, serta tanpa glossy finishing. Bahan leather yang bagus terasa nyaman dan lembut saat disentuh. Tas Dior asli bentuknya juga kokoh dan strukturnya tidak mudah berubah bentuk. Beda dengan tas Dior palsu yang biasanya dibuat dari bahan leather murah agar cepat laku dan bisa segera mendapat keuntungan. 

 

2. Periksa Stitching (Jahitan Tas)

Christian Dior Lady D-Joy Bag Black Cannage Calfskin with Diamond Motif

Lady D-Joy Bag Black Cannage Calfskin with Diamond Motif

Memeriksa stitching atau jahitan tas juga memiliki peran penting untuk mengetahui tas Dior asli atau palsu. Setiap detail pada jahitan tas perlu kamu periksa dengan teliti, bahkan hingga sampai ke bagian tepian tas. Tas Dior palsu sering gagal memalsukan warna benang, kualitas jahitan, dan pola jahitan. 

Baca juga : Cara Mengenali Tas Coach Original, Simak di Sini

Pada tas Dior asli, jahitannya selalu match dengan leather atau lining serta shade dan tone-nya sama persis dengan materialnya. Bahkan, terkadang pembuat tas Dior palsu sering mengalami kesulitan mendapatkan corak warna benang dan leather yang match. Alasan ini juga membuat tas Dior asli menjadi istimewa karena proses produksinya yang rumit dan teliti.

 

3. Handle Tas Dibuat dari Material yang Kokoh

Christian Dior Small D Vibe Hobo Bag Cannage Lambskin Black

Small D Vibe Hobo Bag Cannage Lambskin Black

High class dan high quality menjadi dua ciri dari brand Dior ini, termasuk pada bagian detail handle tas. Handle tas Dior asli memiliki material yang kokoh, dibuat dengan jahitan rapi, tampilan yang smooth dan dibuat dengan benang yang serasi. Di sisi lain, handle tas Dior palsu umumnya dijahit asal-asalan dan benang yang digunakan tidak match sehingga hasilnya tidak halus.

Baca juga : Nude Bags yang Wajib Dimiliki untuk Outfit Keseharian Kamu

 

4. Cek Kualitas Hardware Tas

Christian Dior Medium D Bobby Bag Oblique Jacquard Blue

Cara selanjutnya untuk mengecek keaslian dari tas Dior adalah dengan melihat bagian hardware tas. Hal paling umum dari semua hardware Dior adalah kualitasnya yang bagus, tidak shiny dan tidak terkesan murahan. Pada umumnya, goldish coating pada hardware tas palsu cenderung akan terkelupas seiring dengan berjalannya waktu. Sementara tas Dior asli, hardware-nya tidak pernah berubah dan selalu memberi kesan sebagai vintage piece. Tidak hanya itu, hardware tas asli juga solid dan terkesan berat.

Baca juga : Tas Tory Burch Asli, Ini Ciri dan Tipe Best-Sellingnya!

 

5. Cek Bagian Zipper Tas

Christian Dior Zipper

Banyak fashion house menggunakan leather zipper pull biasa. Namun, Dior hadir dengan sesuatu yang istimewa untuk tas high-end populernya. Misalnya Lady Dior dirancang dengan sebuah jewelry-like oval zipper pull dengan huruf “CD” di dalamnya.

 

6. Bentuk Persegi pada Leather Tag

Christian Dior Leather Bags

Bagian lain yang juga perlu diperhatikan untuk mengetahui keaslian tas Dior adalah leather tag yang ada pada bagian dalam tas. Leather tag berbentuk persegi dengan bagian ujung yang membulat. Jika kamu menemukan persegi dengan ujung bersudut, itu berarti tas Dior palsu.

Baca juga : 10 Merk Tas Branded Wanita yang Paling Dicari Sepanjang Tahun 2022

 

7. Periksa Keberadaan Heat Stamp

Christian Dior Heat Stamp

Heat stamp biasanya ditemukan pada bagian depan dari interior tag. Tulisan pada heat stamp ini biasanya terdiri dari dua hingga tiga baris bertuliskan “Christian Dior” dan “PARIS” dengan huruf besar di bagian bawahnya. Sementara itu, beberapa tas juga terdapat tulisan “MADE IN ITALY” atau “MADE IN SPAIN” dengan huruf besar dan mudah dibaca. Heat stamp ini terkadang dibuat tanpa warna atau di-emboss dengan huruf huruf berwarna silver atau keemasan.

 

8. Periksa Keberadaan Date Code

Christian Dior Code Date

Date code dibuat pada leather tag yang terletak pada sisi bagian belakang. Date code adalah kombinasi istimewa dari digit, huruf dengan font huruf besar, dan tanda hubung. Penulisannya adalah (2 angka-2 huruf-4 angka). Koleksi terbaru terkadang menggunakan date code yang terdiri dari dua huruf dan empat digit yang dipisahkan oleh spasi. 

Baca juga : Berapa Harga Tas Chanel Asli? Simak Info Selengkapnya di Sini!

Date code ini tidak sama dengan serial number karena semua kombinasi memiliki makna tertentu. Empat angka terakhir menunjukan bulan dan tahun pembuatan tas. Digit pertama dan ketiga menunjukan bulan produksi, sementara digit kedua dan keempat menunjukan keterangan tahun. Misalnya, 18-MA-0167 berarti item tersebut diproduksi pada Juni 2017.

 

9. Cek Sertifikat Tas

Christian Dior Certificate

Masing-masing tas Dior asli dilengkapi sebuah kartu sertifikat untuk menunjukan keasliannya. Bentuknya mirip seperti kartu kredit dan dibuat dari material seperti kertas. Sertifikat ini menjadi bukti kalau kamu membeli tas Dior asli, walaupun kamu masih tetap harus mengecek beberapa bagian tas dengan ciri diatas.

Baca juga : 7 Jenis Model Tas Hermès, Mana Favoritmu?

Kartu ini berwarna abu-abu, tersedia dengan sebuah amplop, care booklet dan menggunakan tiga bahasa yaitu Inggris, China, dan Prancis. Namun, tas Dior second biasanya dijual tanpa booklet. Pada bagian depan sertifikat terdapat tulisan “Christian Dior” dan memiliki informasi unik untuk masing-masing item pada bagian belakang.

 

Cara Mengetahui Model Book Tote Dior Asli dan Palsu

Pada bagian ini, voila.id juga akan lebih detail membahas tentang model Book Tote Dior yang sering dipalsukan. Ada beberapa metode yang digunakan untuk memeriksa apakah model Book Tote Dior palsu atau asli. Simak baik-baik, ya!

 

a. Cek Detail Printing

Christian Dior Tote Printing

Keterangan gambar 1 asli, 2 palsu

Setiap detail pada printing Book Tote Dior asli disulam dengan sangat baik meskipun hurufnya tumpang tindih, tetapi dapat dibaca dengan jelas, tampak simetris dan rapi. Hal ini tidak berlaku pada printing Dior Tote palsu, di mana huruf-huruf tidak jelas, dibuat asal-asalan dan dengan pola yang tebal.

 

b. Cek Bagian Samping Tas

Christian Dior authentic and fake

Bila dilihat secara sekilas pun, tas model asli tampak lebih besar dan lebih lapang. Pada tas Dior Tote palsu, bagian bawahnya lebih melengkung dan terdapat garis-garis lebih tajam ketika tas berusaha diluruskan. Tas palsu juga dibuat dari bahan terlalu tebal, sementara yang asli bahan tas tampak lebih tipis.

Baca juga : 10 Jenis Tas Wanita, yang Mana Jadi Favoritmu

 

c. Periksa Metode Sulaman Tas

Christian Dior Sulaman

Tas Christian Dior asli dibuat dengan teknik sulaman rumit sehingga cara memalsukannya sering gagal. Sebagai contoh, setiap detail di gambar bagian kiri dibuat dengan benang krem tebal. Sementara itu, Book Tote Dior palsu dibuat dengan benang putih tipis yang berkualitas buruk. 

 

d. Memiliki Interior Tas yang Luas

Christian Dior interior

Gambar kiri tas asli, kanan tas palsu

Room pada tas jinjing palsu lebih kecil dibandingkan dengan model yang asli yang memiliki interior lebih luas. Tidak hanya itu, printing interior juga berbeda. Printing asli yang dirancang oleh Christian Dior memiliki cold undertone dan menggunakan warna-warna lebih hangat.

Baca juga : Tips Memilih Model Tas Kerja Wanita untuk Penuhi Kebutuhanmu

 

e. Periksa Font yang Dipakai

Christian Dior front

Gambar kiri tas asli, kanan tas palsu

Perbedaan Book Tote Dior juga bisa dikenali dari bagian font. Sebagai contoh, huruf-huruf pada tulisan “Christian Dior” asli lebih menyempit, simetris satu sama lain dan jarak antar huruf pun sama. Sementara yang palsu, font-nya lebih tebal dan lebih besar.

Tulisan “PARIS” pada tas palsu tampak berlekuk-lekuk, terlalu tipis dan kecil, posisinya tidak rapi, jarak antar huruf terlalu renggang, beberapa huruf ditempatkan terlalu rendah, serta beberapa huruf lebih tebal dari huruf lainnya. Sementara pada Book Tote Dior asli, tulisan “PARIS” lebih tebal, tulisan lebih jelas, tiap huruf dicetak sejajar, dan sedikit lebih besar.

 

f. Cek Bagian Label

Christian Dior label

Gambar kiri tas asli, kanan tas palsu

Meskipun label pada tas palsu tampak cukup akurat, tetapi ukurannya bisa sedikit lebih besar. Huruf-huruf pada tas asli lebih tebal dan lebih cerah sedangkan yang palsu lebih pucat dan tampak memiliki cacat di setiap kata pada sebelah kanan. Perbedaan selanjutnya adalah pada tulisan “MADE IN ITALY”. Tulisan “MADE IN ITALY” pada tas palsu juga tampak terlalu tebal dan dicetak terlalu tembus ke dalam kain. Sementara itu, tas asli lebih tipis dengan tulisan yang tidak terlalu tembus ke dalam label. Kualitas benang yang digunakan untuk label pun berbeda. Benang yang digunakan pada tas palsu tampak mengilap, sedangkan yang asli matte.

Baca juga : Steal the Scene dengan 5 Rekomendasi Tas High-End Berdesain Unik Pilihan Voila

Itulah beberapa metode yang bisa kamu gunakan untuk melihat apakah tas dior asli atau palsu. Untuk mendapatkan tas dior asli kamu bisa dapatkan di voila.id!

Bagaimana cara mengenali tas dior asli?

Kenali kualitas material tas, periksa stitching (jahitan tas), kenali handle tas dibuat dari material yang kokoh, cek kualitas hardware tas dan cek bagian zipper tas.

Jenis tas dior apa yang sering dipalsukan?

Salah satu tas Dior yang paling sering dipalsukan adalah model Book Tote Dior. Tas ini banyak dicari karena tampilannya menarik, kekinian, dan bisa digunakan dalam berbagai kesempatan.