Ciri-Ciri Tas Hermes Asli yang Perlu Kamu Tahu

on December 10, 2022

Brand Hermès adalah salah satu brand terkenal di dunia. Salah satu produknya yang paling populer adalah handbag. Walaupun demikian, pada awal didirikan Hermès lebih fokus memproduksi peralatan untuk keperluan dunia berkuda. 

Seiring dengan berjalannya waktu, Hermès mulai memperluas produk dengan menciptakan tas kulit berkualitas tinggi. Agak sulit untuk membedakan tas Hermès asli dan palsu, tetapi ciri-ciri tas yang asli dapat diketahui dari beberapa bagian. 

Hermes So canvas bag

Hermes So canvas bag. Source : Hermes.com 

Pemakaian material yang bagus membuat kualitas tas Hermès tidak perlu diragukan lagi. Dengan harga yang relatif tinggi, hal ini membuat tas Hermès banyak dipalsukan. Agar kamu tidak salah beli, kali ini voila.id akan mengulas tentang ciri-ciri tas Hermès asli. Yuk, simak penjelasan selengkapnya di bawah ini!

 

Baca juga : 7 Jenis Model Tas Hermès, Mana Favoritmu?

 

1. Periksa Tampilan Tas Hermès Secara Keseluruhan

Hermes The Kelly bag

Hermes The Kelly bag. Source : Hermes.com 

Tas Kelly dan Birkin tampak indah dengan garis-garis elegan dan tegas, serta siluet mewah yang terlihat menawan. Tas Kelly hadir dalam dua bentuk, yaitu Retourne dan Sellier. Ada perbedaan di antara keduanya, yaitu:

  • Retourne memiliki jahitan atau stitching pada bagian dalam tas yang memberi tampilan mulus dan lembut. Jahitan pada bagian interior membuatnya kurang kaku sehingga tas Retourne cenderung tertekuk ketika diberdirikan.
  • Sellier memiliki jahitan pada bagian eksterior tas. Hal ini membuat jahitannya lebih rapat. Tas ini juga memiliki bagian tepi lebih tajam dan kaku dibandingkan Retourne sehingga bisa diletakan dengan tegak tanpa merosot. 

Hermès Birkin

Hermes Birikin bag. Source : Hermes.com 

Sementara itu, Birkin memiliki karakteristik struktural seperti Kelly, tetapi dengan proporsi lebih besar, sangat kaku dan memiliki bobot lumayan berat. Faktor yang membuat tas Birkin berat adalah keberadaan metal feet atau ‘clou’ pada dudukan Birkin sehingga tas ini bisa berdiri tegak dengan mudah. Bagian handle atau pegangan Birkin juga kaku sehingga tetap bisa berdiri sendiri.

Hermès P18 Biscuit Clemence Ghw U

Hermès P18 Biscuit Clemence Ghw U 

 

2. Cek Ukuran Tas Hermès

Hermès P18 Biscuit Clemence Ghw U

Ukuran tas Hermès dari kiri ke kanan : Kelly Mini, Pochette Kelly, Kelly Dance 

Tas Birkin tersedia dalam empat ukuran utama, yaitu 25 cm, 30 cm, 35 cm dan 40 cm. Sementara itu, Kelly tersedia dalam delapan ukuran, yaitu 15 cm, 20 cm, 25 cm, 28 cm, 32 cm, 35 cm, 40 cm and 50 cm. Perlu diingat bahwa versi edisi special juga tersedia, misalnya Birkin HAC yang dibuat khusus dengan proporsi ukuran berbeda. Selain itu, tas-tas travel Kelly juga ada yang tersedia dengan ukuran 40 cm dan 50 cm.

Baca juga : Cara Mengenali Tas Coach Original, Simak di Sini

Hermès L26 Black Clem GHW U

Hermès L26 Black Clem Ghw U 

 

 

3. Periksa Kualitas Material

Hermes Ultrapla PM bag

Tas kulit dari Hermès 

Tas kulit Hermès asli memiliki aroma berbeda dan aroma itu tetap ada pada tas, tidak peduli berapapun usianya. Pembuat tas Hermès palsu tidak akan mampu meniru perawatan tas kulit yang dimiliki Hermès karena aromanya lebih kimiawi. Selain itu, Hermès juga hanya menggunakan bahan kulit terbaik di dunia.

Bahkan, pengrajin kulit profesionalnya menghabiskan waktu hingga 2 tahun untuk pelatihan dan pengerjaan kulit sebelum mereka membuat tas Hermès. Selain itu, bahan kulit tas Hermès asli memiliki tekstur lembut dan lentur saat disentuh.

Baca juga : 10 Jenis Tas Wanita, yang Mana Jadi Favoritmu?

Hermes C24 Etoupe Epsom Ghw with Mirror

Hermès C24 Etoupe Epsom Ghw with Mirror 

 

4. Analisa Pola Jahitan

pola jahitan di tas Hermes

pola jahitan di tas Hermes 

Hermès menggunakan jenis jahitan khusus yang disebut dengan saddle stitching atau jahitan pelana pada produk kulit. Proses menjahit dilakukan dengan menggunakan dua jarum terpisah, di mana saddle stitching menghasilkan dua baris jahitan dalam satu baris lubang, memberi tampilan bersih, tetapi tahan lama.

Karena tas Hermès asli buatan tangan, wajar jika ada ketidaksempurnaan pada jahitan. Namun, tas Hermès palsu umumnya diproduksi dengan mesin jahit sehingga jarak dan model jahitannya hampir sama satu sama lain.

Bila dilihat lebih dekat, setiap jahitan tas Hermès asli tidak pada posisi garis lurus sempurna, melainkan sedikit miring. Pada sisi sebaliknya dari tas kulit Hermès asli, jahitannya akan miring ke arah berlawanan dengan bagian depan. Hal ini terjadi karena tas Hermès asli dijahit dengan dua jarum.

Baca juga : Sejarah 10 Brand Termahal di Dunia

Hermes B25 Biscuit In and Out Swift Phw

Hermès B25 Biscuit In and Out Swift Phw 

 

5. Perhatikan Hardware Tas

Hermes B25 Gris Etain Epsom Ghw Z

Hermès B25 Gris Etain Epsom Ghw Z 

Hardware adalah bagian lain yang juga penting untuk diperiksa untuk mengetahui keaslian tas Hermès. Hermès selalu menggunakan logam berkualitas tinggi untuk tas, yang bahkan terkadang lebih berat dibandingkan dengan metal murah yang umum digunakan oleh versi palsu. Tas Birkin dan Kelly juga memiliki dua jenis hardware, yaitu gold dan palladium.

Pada hardware tas terdapat tulisan ‘Hermès PARIS’ yang diukir dengan laser, dengan font rapi dan halus. Pada gold hardware tas Hermès terdapat sebuah hallmark atau tanda setelah ‘PARIS’, sedangkan finishing palladium tidak memiliki hallmark. Sementara itu, bagian dalam tas Hermès asli, tepatnya pada bagian saku belakang terdapat sebuah zipper atau resleting.

zipper di tas Hermes

Zipper tas Hermès 

Titik awal zipper juga memiliki metal dengan huruf ‘H’ yang rapi sejajar dengan metal slider atau penggeser logam. Walaupun begitu, tidak semua zipper Hermès menampilkan ‘H’, khususnya tas yang lebih tua. Ketika membuka dan menutup zipper, sensasinya mulus dan mudah. Tas Hermès asli juga memiliki zipper dengan finishing matte yang clean dan tidak berkilau. Berbeda dengan tas Hermès palsu yang menggunakan logam murah dan berkilauan.

Baca juga : 10 Merk Tas Branded Wanita yang Paling Dicari Sepanjang Tahun 2022

 

6. Konfirmasi Date Stamp Hermès

Konfirmasi Date Stamp Hermès

Date stamp tas Hermès 

Date stamp Hermès bisa ditemukan di dua tempat, yaitu di belakang strap atau tali pada bagian depan tas dan pada bagian dalam, tepatnya pada sisi kanan tas. Sejak tahun 2016, Hermès mulai memberi kode stamp atau cap pada bagian dalam tas Birkin.

Hermès juga menggunakan kode alfabet untuk menunjukan tahun. Huruf-hurufnya dapat ditemukan pada bagian stamp, dicap di dalam lingkaran, atau dicap di dalam kotak persegi.  Huruf A-Z mewakili kisaran 26 tahun.

Jenis stamp

Kisaran tahun

Hanya ada cap huruf

1945 (‘A’) – 1970 (‘Z’)

Cap huruf di dalam lingkaran

1971 (A” – 1996 (‘Z’)

Cap huruf di dalam persegi

1997 (‘A’) – 2013 (‘Q’)

 

Sistem ini berubah pada model produksi Hermès dari tahun 2014-2020. Tidak ada cap persegi untuk tahun-tahun model tas di bawah ini.

2014

‘R’ (tidak ada kotak)

2015

‘T’ (tidak ada kotak)

2016

‘X’ (tidak ada kotak)

2017

‘A’ (tidak ada kotak)

2018

‘C’ (tidak ada kotak)

2019

‘D’ (tidak ada kotak)

2020

‘Y’ (tidak ada kotak)

Hermes 24/24-21 Blanc Nata Swift Ghw U

Hermès 24/24-21 Blanc Nata Swift Ghw U

 

7. Periksa Brand Stamp Hermès

Stempel merek Hermès

Stempel merek Hermès 

Ciri-ciri tas Hermès asli juga bisa dilihat pada bagian brand stamp atau stempel merek Hermès, terutama pada tas Birkin dan Kelly. Logo Hermès pada tas asli dibuat dengan heat-pressed. Walaupun begitu, ada juga tas Hermès palsu yang buat dengan logo menggunakan cara heat-pressed. 

Namun, cara ini dilakukan terlalu dalam sehingga meninggalkan lekukan yang berantakan pada material kulit. Kamu juga bisa menguji keaslian tas Hermès dengan cara lain. Seperti memegang logo dari material kulit, tetapi jangan menekannya. Font Hermès asli konsisten, sempurna dan berjarak sama.

Logo berupa stempel pada tas bertuliskan ‘Hermès PARIS MADE IN FRANCE’ terlihat dengan font yang smooth, rapi, letaknya di bagian tengah dan tidak terpengaruh oleh tekstur kulit. Beberapa tas Hermès palsu dibuat dengan logo yang tampak tidak beraturan dan font terlalu besar, agak miring, bengkok, atau tidak rata.

B25 Blue Lin Verso Inside Beige Weimar Togo Phw U

Hermès B25 Blue Lin Verso Inside Beige Weimar Togo Phw U 

 

8. Periksa Bagian Interior

Bagian interior tas Hermès Togo Kelly Retourne 25 Rouge De Coeur

Bagian interior tas Hermès 

Lapisan tas dan bagian dalam tas Hermès Birkin dan Kelly dibuat dengan sangat hati-hati. Tas tersebut banyak dilapisi chevre leather, kulit kambing yang berbutir dan tidak halus. Namun, ada juga tas Hermès Birkin dan Kelly yang menonjolkan bahan lain sebagai pelapis interior. Bahkan, terkadang terbuat dari kulit yang sama dengan bagian luarnya.

Baca juga : Ciri Tas Gucci Original, Simak di Sini!

Hermès L26 Mauve Sylvestre Clemence Phw U

Hermès L26 Mauve Sylvestre Clemence Phw U 

 

9. Cek  Sertifikat Asli Tas Hermès

Hermès tidak mengeluarkan kartu atau sertifikat keaslian tas. Banyak tas Hermès Birkin dan Kelly palsu dilengkapi dengan kartu dari bahan plastik berwarna oranye yang bertuliskan ‘Hermès’. Jika kamu mendapati tas Hermès dengan menyertakan kartu sertifikat tas, itu artinya adalah tas Hermès palsu.

 

Hermès B25 Bleu Royal Togo Ghw U

Hermès B25 Bleu Royal Togo Ghw U 

 

10. Cek Dust Bag

Hermès dust bag

Dust bag tas Hermès 

Tas Birkin dan Kelly selalu memiliki dust bag yang dibuat dari bahan berkualitas tinggi dengan jahitan rapi. Warna dari dust bag selalu light beige atau oranye dengan logo Hermès berwarna coklat tua pada bahannya. Dust bag palsu biasanya dibuat dari bahan berwarna abu-abu dan memiliki stempel berwarna burgundy. Selain itu, tali serut dush bag selalu berwarna coklat dan terbuat dari katun 100%. 

Baca juga : Cara Untuk Mengenali Tas Dior Asli, Jangan Sampai Salah Pilih!

 

Hermès C18 Malachite Alligator Matte Phw Z

Hermès C18 Malachite Alligator Matte Phw Z 


Demikian ciri-ciri tas Hermès Asli yang perlu kamu ketahui. Diperhatikan baik-baik ya agar kamu tidak salah beli. Namun, kalau kamu ingin membeli tas Hermès yang dijamin asli, cek saja di voila.id. Dijamin pasti original!