Kenali Ciri-Ciri Tas Longchamp Asli Agar Tidak Salah Pilih

on December 22, 2022

Kenali Ciri-Ciri Tas Longchamp Asli Agar Tidak Salah Pilih

Longchamp adalah sebuah brand asal Prancis yang didirikan oleh Jean Cassegrain tahun 1948. Perusahaan ini menjadi pelopor pipa rokok mewah yang dilapisi kulit sebelum berekspansi ke produk fashion dari bahan kulit lainnya. Selanjutnya, Longchamp memulai debut di industri mode dengan memproduksi handbag atau tas tangan tahun 1971 dan menjadi salah satu pembuat produk dari kulit cukup terkemuka di Prancis. 

Longchamp Handbag Le Pliage Green S Top Handle Bag Forest

Longchamp Le Pliage Green S Top Handle Bag Forest

Selain menghasilkan tas mewah untuk kegunaan sehari-hari, Longchamp juga memproduksi tas untuk produk traveling. Hal ini karena tas yang diproduksi memiliki ukuran berbeda dan terlihat stylish. Misalnya saja Le Pliage Cuir Leather Shoulder Bag yang dapat digunakan dengan dua cara berbeda, yaitu sebagai tas selempang dan tas tangan. Nah kali ini, voila.id bakal mengulas tentang ciri-ciri tas Longchamp asli agar kamu tidak salah pilih. Mari simak penjelasan selengkapnya di bawah ini.

Baca juga : 10 Fashion Designer dari Brand Ternama, Bisa Kamu Tiru Etos Kerjanya

 

1. Teliti dengan Material yang Digunakan

Salah satu cara paling mudah untuk mengenali tas Longchamp asli adalah dengan memperhatikan material yang digunakan. Perlu kamu tahu bila model Le Pliage dari Longchamp terdiri dari dua material. Tas yang dapat dilipat dan inner bag dengan ukuran lebih kecil terbuat dari nilon matte, tidak memantulkan cahaya, super ringan, pocket flap atau penutup tas dan handle atau pegangan terbuat dari leather atau kulit. 

Baca juga : Approved! 10 Brand Fashion Termahal di Dunia 2021

Selain itu, pastikan jika material tersebut tidak berbau seperti bahan kimia atau lem. Kamu juga disarankan melihat dari dekat leather sample. Hal ini karena tas Longchamp asli terdapat pola pada material kulit yang menyerupai diamond. Garis-garisnya relatif lurus dan diagonal, yang beririsan satu sama lain. Sementara itu, pada tas Longchamp palsu, tekstur pola kulit tidak merata, tanpa memiliki struktur, terkadang tekstur seperti sirip ikan dan pola kulit bergelombang.

Longchamp Handbag Le Pliage Green S Top Handle Bag Forest

Longchamp Roseau Croco XS Top Handle Bag Marmelade 

 

2. Warna Tas Memiliki Finishing Halus

Pada umumnya, material kulit yang digunakan pada tas Longchamp asli mempunyai finishing warna halus, tetapi tidak merata antara bagian yang lebih terang dan bagian lebih gelap. Sementara itu, tas Longchamp palsu seringkali dirancang dengan satu warna solid. Bahkan jika warna tas tidak solid, tidak ada tampilan warna gelap terang seperti halnya tas Longchamp asli.

Baca juga : Steal the Scene dengan 5 Rekomendasi Tas High-End Berdesain Unik Pilihan Voila.

 

Longchamp Crossbody Amazone Quilted XS Crossbody Bag Black

Longchamp Amazone Quilted XS Crossbody Bag Black 

 

3. Perhatikan Bagian Handle

Kamu juga perlu berhati-hati saat memeriksa bagian handle atau pegangan tas Longchamp. Tas Longchamp asli bagian handle-nya relatif flat atau datar dan ada pola diamond. Pola diamond juga bisa ditemukan pada leather flap. Salah satu fitur penting pada tas Longchamp asli ada pada warna di sisi tepi handle, di mana pada tas Longchamp asli selalu berwarna hitam atau cokelat tua. Tidak pernah menggunakan cokelat muda atau warna lainnya.

Baca juga : 10 Merk Tas Branded Wanita yang Paling Dicari Sepanjang Tahun 2022



Longchamp Crossbody Amazone Quilted XS Crossbody Bag Black

Longchamp Le Pliage Original Medium Top Handle Bag Black 

 

4. Leather Flap Memiliki Pola Diamond

Seperti yang disebutkan di atas, ada pola diamond pada leather flap atau penutup kulit pada tas Longchamp asli. Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan bagian belakang flap. Flap pada tas Longchamp palsu biasanya memiliki bagian belakang flap agak usang. Pada tas Longchamp asli, bagian belakang flap bertekstur lembut dan memiliki pegangan yang smooth

Sementara itu, pada bagian pengikat tas Longchamp asli, kamu akan menemukan sebuah tombol keemasan dengan tulisan “Original Prym 6/4B” yang di-emboss di atasnya. Sebagai informasi, tas Le Pliage Longchamp yang diproduksi setelah tahun 2013 diberi label ‘Longchamp Longchamp’.

Baca juga : Sejarah 10 Brand Termahal di Dunia

Longchamp Handbag Le Pliage Original Medium Top Handle Bag Red

Longchamp Le Pliage Original Medium Top Handle Bag Red 

 

5. Logo Tas Dengan Logo Kuda Joki

Logo adalah jantung dari tiap desainer tas dan tas Longchamp asli sudah pasti ada logo kuda joki pada leather flap. Posisinya ada di bagian tengah tombol atau kancing pengunci berwarna keemasan tiga dimensi. Kalau kamu menyentuh logo dengan jari, kamu akan bisa merasakan hiasan timbul, tidak hanya sekedar cetakan di atas leather

Tidak hanya itu, penting diingat bahwa joki dan kepala kuda mengarah ke kiri. Jika kamu menyentuh model tas Longchamp dengan tangan, kamu akan mendapati emboss berbentuk garis di bawah logo dari model lama. Namun, emboss ini sudah tidak terlihat lagi pada kreasi tas baru karena logo hanya ada pada bagian atas leather flap.

Longchamp Shoulder Bag Brioche M Crossbody Bag Blush Pink

Longchamp Brioche M Crossbody Bag Blush Pink 

 

6. Periksa Ukuran dan Embossing Tas

Meskipun model Longchamp Le Pliage dirancang sangat minimalis, tetapi kamu juga tidak boleh lupa tentang bagian belakang tas. Perlu diketahui bila bagian belakang leather flap dari model Le Pliage memiliki emboss berbeda, tergantung pada ukuran dan model tas. Ada beberapa ukuran Le Pliage yang dibuat oleh Longchamp:

Baca juga : 6 Tas Branded dengan Harga Terjangkau



  • Jenis S: handle pendek dan tas kecil.

  • Jenis M: handle pendek dan tas medium.

  • Jenis L: handle pendek dan tas besar sehingga cocok digunakan sebagai travel bag.

  • Jenis XL: handle pendek dan ukuran tas sangat besar dan cocok juga dipakai sebagai travel bag.

  • Jenis shopping: handle panjang dengan saku S yang pendek atau M yang medium.

Ukuran Le Pliage harus memiliki tanda seperti “LONGCHAMP LE PLIAGE” SHOPPING “- MODÈLE DÉPOSÉ” atau sebagai “LONGCHAMP LE PLIAGE TYPE” M “MODÈLE DÉPOSÉ” tergantung pada varian dan ukuran tas. Perhatian pula ejaan yang benar karena jika keliru bisa membuatnya menjadi tas Longchamp palsu. 

Baca juga : Tren Fashion 2023 yang Wajib Dimiliki Untuk Tampil Stylish dan Modis

Pastikan juga untuk memeriksa apakah aksen di atas huruf ‘E’ yang pertama ke kanan bawah dan aksen kedua dan ketiga di atas huruf ‘E’ ke kanan atas. Model versi lama dari Le Pliage mungkin dimodifikasi. Embossing berikut ini diperuntukan untuk tas Longchamp asli: “PLIAGES LONGCHAMP – TYPE” S “MODÈLE DÉPOSÉ – MADE IN FRANCE” atau “LE PLIAGE LONGCHAMP – TYPE” L “MODÈLE DÉPOSÉ – MADE IN FRANCE”.

Baca juga : Tips Memilih Model Tas Kerja Wanita untuk Penuhi Kebutuhanmu



Longchamp Handbag Le Pliage Green M Top Handle Bag Graphite

Longchamp Le Pliage Green M Top Handle Bag Graphite 

 

7. Cek Bagian Hardware

Le Pliage dari Longchamp tidak berbulu pada bagian hardware seperti halnya model lain. Namun, khusus untuk bagian zipper atau resleting sangat populer dengan Copy Cats karena untuk membedakan tas dengan cara yang tidak kentara dengan tas palsu. Kamu juga selalu bisa mengenali tas Longchamp asli dengan fakta bahwa bagian zipper memiliki tanda seperti YKK, T dan 45.

Pada bagian zipper ada logo joki plus sebuah embossing Longchamp” dan tahun 1948. Ada perbedaan kecil dari model lama. Alih-alih dicetak tahun 1948, justru terdapat kata “Paris” dan “France” yang ditemukan di sini. Selain itu, zipper model tas lama bukan dari YKK. YKK adalah developer dan manufaktur zipper terkemuka di dunia dan pertama kali ditemukan di Jepang. Huruf “Y” untuk Yoshida, “K” untuk Kogyo – Industrie, dan “K” untuk Kabushikigaisha – AG.

Baca juga : 10 Jenis Tas Wanita, yang Mana Jadi Favoritmu?



longchamp box trot s crossbody bag black

Longchamp Box-Trot S Crossbody Bag Black 

 

8. Periksa Stitching atau Jahitan Dengan Teliti

Tas Longchamp asli pada bagian depan flap memiliki jahitan berwarna beige, sedangkan sisi belakang flap memiliki jahitan berwarna cokelat. Ada jahitan ganda pada bagian ujung dan tepi. Selain itu, warna jahitan juga kurang lebih sama dengan warna nilon. Sementara itu, tas tangan Longchamp asli bagian depan dan belakang flap biasanya hanya menggunakan jahitan berwarna putih.

Baca juga : Material yang Digunakan Untuk Membuat Tas Berkualitas Tinggi



Longchamp Crossbody Brioche XS Crossbody Bag Powder Pink

Longchamp Brioche XS Crossbody Bag Powder Pink 

 

Dengan mengenali ciri-ciri tas Longchamp asli, customer voila.id bisa terhindar dari masalah pembelian tas palsu yang membuat kesal. Nah, kalau ingin membeli tas Longchamp yang pasti original, kunjungi saja voila.id. Tasnya dijamin #PastiOri.

 

Frequently Asked Questions

 

Brand Tas Longchamp asal mana?

Longchamp adalah sebuah brand asal Prancis yang didirikan oleh Jean Cassegrain tahun 1948.

 

Tas Longchamp Le Pliage terbuat dari bahan apa?

Tas Longchamp Le Pliage terdiri dari dua material. Tas yang dapat dilipat dan inner bag dengan ukuran lebih kecil terbuat dari nilon matte dan handle atau pegangan terbuat dari leather atau kulit.

 

Bagaimana cara mengenali tas Longchamp asli?

1. Teliti dengan Material yang Digunakan, 2. Perhatikan Warna Tas Memiliki Finishing Halus, 3. Perhatikan Bagian Handle, 4. Perhatikan Leather Flap Memiliki Pola Diamond