Ciri-Ciri Sepatu Air Jordan Asli, Kenali dari Tampilannya!

on December 22, 2022

Ciri-Ciri Sepatu Air Jordan Asli, Kenali dari Tampilannya

Sepatu Air Jordan adalah salah satu jenis sepatu eksklusif di antara brand sepatu di seluruh dunia. Hal ini tidak mengejutkan karena produk ini diproduksi dengan material bahan berkualitas tinggi, seperti kulit anak sapi full-grain. Satu hal yang membuat sepatu ini ikonik adalah pabrikan merilis sepatu dengan berbagai warna menarik. Jadi, tampilannya tidak monoton. 

Air Jordan Sneakers 1 Low Bordeaux (GS)

Air Jordan Sneakers 1 Low Bordeaux (GS)

 

 

Hal ini membuat banyak orang mengagumi desain sepatu Air Jordan. Fenomena seperti ini membuat sepatu Air Jordan banyak dipalsukan. Nah, kalau kamu sedang mencari sepatu Air Jordan asli, voila.id akan memberi ulasan singkat tentang cara mengetahui keaslian sepatu Air Jordan berdasarkan tampilannya. Yuk, simak sama-sama artikel di bawah ini.

 

Baca juga :10 Rekomendasi Sepatu Air Jordan yang Harus Kamu Miliki

 

1. Perhatikan Harganya

Kalau kamu ingin membeli sepatu Air Jordan asli, kamu harus siap membayar mahal untuk sebuah produk asli. Jangan kaget ya karena memang produk ini high-quality. Jika kamu menemukan sepatu  Air Jordan langka, warna unik dan harganya lumayan mahal, kemungkinan besar itu sepatu Air Jordan asli. Tapi, kalau kamu menemukan sepatu dengan tampilan seperti Air Jordan tapi harganya murah atau dikemas dalam boks usang, kamu harus mulai waspada.

Air Jordan Sneakers 1 Retro high OG Chicago Lost and Found - Men

Air Jordan Sneakers 1 Retro high OG Chicago Lost and Found - Men

 

 

Baca juga : 5 OOTD Pria Pilihan Voila yang Bisa Kamu Coba

 

2. Periksa Tongue Tag

Untuk mengetahui Air Jordan palsu, kamu harus benar-benar memeriksa teks pada tongue tag atau tag lidah dengan cermat. Jika tulisannya tidak jelas, tidak lurus, bergelombang atau miring dan terlalu tipis, kamu bisa membuat kesimpulan jika produk tersebut palsu. 

Selain itu, periksa juga logo Air Jordan apakah ada ketidakkonsistenan, seperti elemen yang tumpang tindih, terlalu banyak space atau ruang antar elemen dan huruf yang tidak rata. Font yang digunakan pada sepatu Air Jordan palsu biasanya juga sulit terbaca karena terlalu tipis.

Air Jordan Sneakers 1 Mid SE Multicolor (Pre-School)

Air Jordan Sneakers 1 Mid SE Multicolor (Pre-School)

 

 

Baca juga : Cara Baca Nama-Nama Brand Luxury Fashion

 

3. Periksa Apakah Sepatu Memiliki Bentuk Jam Pasir

Untuk mengetahui konstruksi sepatu, kita perlu melihatnya dari arah belakang. Jika dilihat dari belakang, sepatu Air Jordan asli tampak membentuk jam pasir atau hourglass. Ada bentuk melengkung di dua sisi sepatu, yaitu di atas dan di bawah garis medial bagian tengah Sementara itu, sepatu  Air Jordan palsu jika dilihat dari belakang bentuknya hampir lurus sempurna.

Air Jordan Sneakers 1 Mid Grey Sail (W)

Air Jordan Sneakers 1 Mid Grey Sail (W)

 

 

Baca juga : Inspirasi Tren Fashion Fall dan Winter 2022

 

4. Perhatikan Apakah Sepatu Tampak Tebal atau Gemuk

Terkadang, sepatu yang dibuat dengan konstruksi tidak tepat, bentuknya terkesan terlalu besar, tebal atau gemuk. Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan bagian sol sepatu. Sepatu Air Jordan asli memiliki sol yang tidak terlalu rata sehingga jika dilihat, sol sepatunya tampak lebih tinggi. Jika kamu mendapati sol sepatu Air Jordan rata, kemungkinan besar sepatu tersebut produk palsu.

Baca juga : 10 Fashion Designer dari Brand Ternama, Bisa Kamu Tiru Etos Kerjanya

Air Jordan Sneakers 4 Midnight Navy - Men

Air Jordan Sneakers 4 Midnight Navy - Men

 

 

5. Perhatikan Logo Air Jordan dengan Cermat

Huruf pada logo Air Jordan asli tampak lebih tipis dibandingkan yang palsu, kecuali untuk karakter TM yang tampak lebih tebal. Huruf ‘A’ pada AIR JORDAN tampak lebih tipis pada sepatu asli, tetapi masih bisa terbaca, sedangkan pada sepatu Air Jordan palsu huruf ‘A’ terlihat kabur. 

Sementara itu, pada versi sepatu asli, antara huruf ‘J’ dan ‘O’ sepenuhnya terpisah atau ada space, tapi hal itu tidak terjadi pada versi palsu. Bahkan, pada sepatu  Air Jordan palsu kedua huruf sering terlihat gandeng atau tanpa spasi.

Baca juga : 4 Inspirasi Outfit Kebersamaan Akhir Tahun

Air Jordan Sneakers 1 Mid Grey D (Men)

Air Jordan Sneakers 1 Mid Grey D (Men)

 

 

6. Periksa Seberapa Runcing Nike Swoosh Pada Sepatu

Sepatu Air Jordan asli memiliki ujung swoosh Nike runcing. Jika dilakukan dengan metode mikro-analisis, hal ini bisa mudah dilihat. Namun, jika dilihat secara langsung, perhatikan saja bagian ujung swoosh. Umumnya, sepatu Air Jordan palsu, bagian ujung swoosh Nike memiliki tekstur dan tampilan terlalu tebal. Padahal, versi asli bagian ujung swoosh-nya runcing.

Air Jordan Sneakers 1 High OG Brotherhood (Men)

Air Jordan Sneakers 1 High OG Brotherhood (Men)

 

 

Baca juga : Y2K Fashion: Tren Fashion Kekinian 2021

 

7. Perhatikan Kedalaman Lubang Toe Box

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengetahui sepatu Air Jordan palsu adalah dengan melihat bagian perforasi atau lubang toe box, tepatnya ada pada bagian depan yang menutupi jari kaki. Pada sepatu Air Jordan palsu umumnya memiliki lubang terlalu besar dengan bentuk dan ukuran berbeda. 

Bahkan, pada sebagian kasus tidak sepenuhnya berlubang. Hal ini menandakan betapa buruknya peralatan manufaktur yang digunakan sehingga kualitas sepatu yang dihasilkan tidak bagus. Selain itu, jarak antar lubang satu dengan yang lain juga berbeda sehingga terkesan berantakan.

Air Jordan Sneakers 1 Mid SE Multicolor 2022 (W) - Wom

Air Jordan Sneakers 1 Mid SE Multicolor 2022 (W) - Wom

 

 

Baca juga : Sejarah 10 Brand Termahal di Dunia

 

8. Periksa logo NIKE pada bagian sol

Untuk melakukannya, kamu bisa membalik sepatu agar dapat melihat bagian sol dengan lebih jelas. Setelah itu, perhatikan bagian tengah sol. Di sana, kamu bisa melihat logo NIKE. Perhatikanlah pada huruf ‘R’ yang digunakan dengan menggunakan karakter ®. Pada umumnya, sepatu  Air Jordan palsu dibuat dengan ukuran loop lebih besar. Sementara itu, versi sepatu Air Jordan asli didesain dengan loop lebih kecil sehingga terlihat seimbang.

Air Jordan Sneakers 1 Elevate Low Tan (W) - Wom

Air Jordan Sneakers 1 Elevate Low Tan (W) - Wom 

 

 

Baca juga : Cara Baca Nama-Nama Brand Desainer Asal Prancis

 

9. Cermati Label Boks Kemasan

Pada umumnya, teks yang tercetak pada label boks kemasan sepatu  Air Jordan palsu tidak konsisten, terkadang terlalu tebal dan terkadang terlalu tipis. Sementara itu, font yang digunakan pada angka-angka di label boks pada sepatu asli lebih tebal dan konsisten, mulai dari angka 0-9. 

Selain itu, huruf-huruf yang digunakan untuk menamai jenis sepatu asli tampak saling bersentuhan satu sama lain atau berdekatan. Berbeda dengan versi palsu yang memiliki jarak antar huruf dan font-nya berbeda, ada yang dicetak dengan baik, tetapi ada juga yang sepenuhnya tidak dicetak. Ini menunjukan mesin yang digunakan untuk memproduksi sepatu kurang berkualitas.

Baca juga : 10 Artis Korea yang Pernah Menjadi Brand Ambassador Merek Ternama

Air Jordan Sneakers 1 Retro High Pollen

Air Jordan Sneakers 1 Retro High Pollen 

 

 

10. Periksa Sol Air Jordan

Perhatikan bagian sol dari sepatu Air Jordan. Yang perlu kamu lakukan adalah dengan membalik sepatu terlebih dulu dan periksa area tersebut dengan cermat. Di sana, kamu bisa menemukan pola bintang atau asterik. Pada sepatu  Air Jordan asli, pola bintang tersusun rapat, rapi dan terlihat seragam. Namun, untuk versi sepatu yang palsu, pola bintang atau asterik tampak jarang-jarang dan tidak beraturan.

 

Air Jordan Sneakers 1 Elevate Low UNC University Blue (W) - Wom

Air Jordan Sneakers 1 Elevate Low UNC University Blue (W) - Wom 

 

 

Baca juga : Approved! 10 Brand Fashion Termahal di Dunia 2021

 

11. Lihatlah Area Leather Patch atau Tambalan Kulit di Bagian Belakang Sepatu

Sekarang, perhatikanlah bagian belakang sepatu. Di sana, kamu bisa menemukan leather patch atau semacam tambalan sepatu. Pada versi sepatu palsu, leather patch yang ada di titik persimpangan kedua swoosh memiliki bentuk dan ukuran berbeda.

Air Jordan Sneakers 1 High Element Gore-Tex Black Grey

 Air Jordan Sneakers 1 High Element Gore-Tex Black Grey 

 

 

Baca juga : Tren Fashion 2023 yang Wajib Dimiliki Untuk Tampil Stylish dan Modis

 

4 Langkah Cepat Untuk Mengenali Sepatu Air Jordan Asli

Air Jordan Sneakers 1 Low OG UNC - Man

Air Jordan Sneakers 1 Low OG UNC - Man 

 

 

Jika kamu ingin mengenali keaslian sepatu  Air Jordan dengan cepat, ada 4 langkah yang bisa kamu lakukan.

  1. Jika bagian belakang sepatu memiliki bentuk jam pasir, langkah selanjutnya adalah dengan memeriksa bagian lubang toe box.
  2. Jika lubang toe box cukup dalam dan desainnya sejajar, ikuti langkah selanjutnya.
  3. Periksa apakah logo sayap Air Jordan memiliki huruf tidak konsisten, tumpang tindih, atau terlalu berjauhan, kemudian perhatikan karakter ™.
  4. Terakhir, pastikan tidak ada cacat pada "FABRIQUE EN CHINA" (bukan "CHINE") dan lihat apakah teksnya bergelombang atau terlalu tipis.

 

Bagaimana? Sekarang sudah tahu kan ciri-ciri sepatu Air Jordan asli? Nah, kalau kamu tidak ingin tertipu, kamu bisa mendapatkan sepatu Air Jordan di voila.id. Dijamin, sepatu yang kamu dapat pasti Ori!

Frequently Asked Questions

Bagaimana cara mengenali sepatu air jordan asli?

1. Perhatikan Harganya, 2. Periksa Tongue Tag, 3. Periksa Apakah Sepatu Memiliki Bentuk Jam Pasir dan 4. Perhatikan Apakah Sepatu Tampak Tebal atau Gemuk

Kenapa sepatu air jordan mahal?

Sepatu Air Jordan adalah salah satu jenis sepatu eksklusif di antara brand sepatu di seluruh dunia. Karena diproduksi dengan material bahan berkualitas tinggi.