Ciri-Ciri Tas Fendi Ori, Periksa dengan Teliti!

on January 23, 2023

Ciri-Ciri Tas Fendi Ori, Periksa dengan Teliti

Buat kamu fashion lover, pasti sudah kenal akrab dengan brand Fendi, kan? Fashion brand asal Roma, Italia ini memang tergolong sebagai luxury fashion house. Ada berbagai produk yang dikeluarkan, mulai dari busana ready-to-wear, sepatu, wewangian, kacamata, jam tangan, aksesori, hingga tas tangan atau handbag

Song Hye Kyo - Fendi

Selebritas Korea Selatan Song Hye Kyo dengan tas Fendi. Sumber: Preview.ph

Tas tangan dari brand Fendi punya penggemar setia di seluruh dunia, lho!  Banyak bintang terkenal dunia yang diketahui dari posting-an Instagramnya memiliki tas tangan dari brand ini. Kepopuleran brand in yang terus menanjak membuat tas Fendi original banyak dipalsukan. Nah, biar tidak menjadi salah satu korban penipuan tas palsu, voila.id punya beberapa tip untuk mengetahui ciri-ciri tas Fendi orisinal. Yuk, simak artikel selengkapnya di bawah ini.

Baca juga : 10 Artis Korea yang Pernah Menjadi Brand Ambassador Merek Ternama

 

1. Periksa Kualitas Material Tas Kulit yang Digunakan

Fendi By The Way Medium Logo Tan

Fendi By The Way Medium Logo Tan

Tas Fendi otentik selalu dibuat dari material leather atau kulit yang berkualitas tinggi. Material high-class ini memiliki tekstur kokoh saat diberdirikan tanpa ada kesan bengkok atau kusut. Selain itu, aroma material kulit juga begitu khas. Sebaliknya, tas Fendi palsu umumnya memiliki aroma bahan kimia sehingga cukup menyengat di hidung.

Fendi FF Logo Medium Flap Bag Black

Fendi FF Logo Medium Flap Bag Black 

Baca juga : Approved! 10 Brand Fashion Termahal di Dunia 2021

 

2. Periksa Hologram, Serial Number dan RFID Fendi

Hologram pada tas Fendi

Hologram pada tas Fendi. Sumber: Monalisalikes.com 

Poin selanjutnya yang perlu diperiksa untuk memastikan tas Fendi original adalah dengan mengecek logo Fendi, hologram, dan RFID atau Radio Frequency Identification. Holographic foil sticker mulai dikenalkan Fendi sejak tahun 2004. Stiker ini ditampilkan pada label kain, sekaligus disertakan serial number. 

RFID dikenalkan sejak tahun 2010

RFID dikenalkan sejak tahun 2010. Sumber: Monalisalikes.com 

Baca juga : 10 Merk Tas Branded Wanita yang Paling Dicari Sepanjang Tahun 2022

Namun, sejak tahun 2010, brand ini mengganti hologram dengan Fendi RFID tag yang tercakup chip di dalamnya. Untuk tas keluaran terbaru, seperti tas Fendi by the Way, tas Fendi Dotcom, atau Fendi Kan I tidak menggunakan hologram. Tas-tas tersebut dilengkapi serial number Fendi dan RFID fabric tag. 

Serial number tas Fendi

Serial number tas Fendi. Sumber: Monalisalikes.com 

Serial number Fendi memiliki 16 atau 17 simbol, terdiri dari angka dan huruf yang dipisahkan oleh tanda hubung. Serial number di-emboss pada sisi bagian belakang logo kulit Fendi, atau pada leather tag kecil. Perlu juga diingat bahwa tas Fendi yang diproduksi sebelum tahun 1980 tidak memiliki serial number.

Fendi RFID tag selalu terbuat dari fabric tag dengan delapan digit yang dijahit pada tag dan tidak pernah di-print atau dicetak. RFID sendiri adalah teknologi identifikasi frekuensi radio dengan chip yang berisi semua informasi tentang tas, seperti model, nomor seri, warna, detail manufaktur, dan bahkan histori tas.

Baca juga : 10 Jenis Aksesori Wanita, Koleksi Segera Untuk Tampil Lebih Percaya Diri

Fendi Small First Bag Python Leather Grey

Fendi Small First Bag Python Leather Grey 

 

3. Cek Logo Fendi

Logo tas Fendi

Logo tas Fendi. Sumber: Monalisalikes.com 

Pada bagian dalam tas Fendi original, kamu akan menemukan leather tag dengan logo Fendi yang di-emboss atau dengan metal plate dengan tulisan “FENDI MADE IN ITALY”. Jahitan di sekitar tag harus rapi dan jahitannya pun serupa. Plaque atau plakat harus memiliki warna sama dengan semua metal hardware. Bentuk font juga harus sempurna, tidak ada tepian yang tidak rata.

Logo Fendi pada metal

Logo Fendi pada metal.Sumber: Lovethatbagetc.com 

Sementara itu, logo otentik metal “F” yang ikonis dari Fendi berada di kedua sisi persegi panjang seperti gambar di atas. Ketika logo muncul pada cetakan monogram, yaitu pada iterasi Zucca & Zucchino, blok “FF” harus memiliki ukuran sama dan jika disejajarkan akan bertumpuk dengan sempurna. 

Baca juga : Tren Fashion 2023 yang Wajib Dimiliki Untuk Tampil Stylish dan Modis

Cetakan Zucca dan Zucchino pada tas Fendi

Cetakan Zucca dan Zucchino pada tas Fendi. Sumber: Lovethatbagetc.com

Garis putus-putus kedua pada huruf “F” harus lebih pendek dan tipis dari garis yang ada di atasnya. Blok “FF” pada cetakan Zucca dan Zucchino jauhnya harus sama satu dengan yang lain.

Fendi Baguette Mini Chain Crossbody Bag Black

Fendi Baguette Mini Chain Crossbody Bag Black 

 

4. Periksa Hardware pada Tas Fendi

Hardware pada tas Fendi. Sumber: Monalisalikes.com 

Seluruh bagian metal yang digunakan untuk hardware Fendi smooth dan berkilau. Semua lock atau pengunci bisa diputar dengan lancar, tidak longgar, dan tidak ada celah di antara bagian-bagian lock

Baca juga : 10 Tas Ikonis dari Berbagai Brand Terkenal di Dunia

Resleting pada tas Fendi memiliki logo FF

Resleting pada tas Fendi memiliki logo FF. Sumber: Monalisalikes.com 

Sementara itu, dompet Fendi selalu memiliki banyak ukiran pada bagian hardware, seperti pada bagian bawah kancing, jepitan, ring, dan stud closure. Ritsleting Fendi biasanya juga menggunakan logo Fendi FF pada sisi bagian belakang.

Baca juga : Material yang Digunakan Untuk Membuat Tas Berkualitas Tinggi

Fendi Baguette Soft Trunk Leather Shoulder Bag Black

Fendi Baguette Soft Trunk Leather Shoulder Bag Black 

 

5. Cek Jahitan pada Tas Fendi

Jahitan tas Fendi

Jahitan tas Fendi. Sumber: Monalisalikes.com 

Tas Fendi selalu memiliki jahitan sempurna di semua bagian tas. Namun, untuk mengetahui keaslian tas, periksalah jahitan di sekitar tag, tepian jahitan, ujung strap, bagian sudut, dan bagian-bagian tersembunyi yang biasanya dibuat tidak rapi pada tas Fendi palsu.

Baca juga : 5 Tas Branded Berukuran Besar Pelengkap Kegiatan Sehari-hari

Fendi Mini Bag FF Fabric Brown

Fendi Mini Bag FF Fabric Brown 

Baca juga : 10 Jenis Tas Wanita, yang Mana Jadi Favoritmu?

Jarak antar jahitan tas Fendi sama dan menggunakan benang yang sama persis dengan material leather tas, kemudian dijahit sangat rapi. Berbeda dengan tas Fendi palsu yang terkadang dijahit tidak merata atau terlalu tebal. 

Fendi Mini By The Way Top Handle Bag FF Canvas Fabric Dark Grey

Fendi Mini By The Way Top Handle Bag FF Canvas Fabric Dark Grey 

 

6. Paperwork dan Kotak Kemasan Fendi

Paperwork tas Fendi

Paperwork tas Fendi. Sumber: Monalisalikes.com 

Dompet Fendi asli hadir bersama dengan paper card yang terdiri dari barcode, informasi model tas, warna, dan serial number. Nomor ini harus cocok dengan yang ada pada leather tag di dalam tas. Kartu tersebut terkadang disebut sebagai Fendi authenticity card atau paper tag. 

Baca juga : 6 Tas Branded dengan Harga Terjangkau

Boks kuning pada tas Fendi

Boks kuning pada tas Fendi. Sumber: Monalisalikes.com 

Fendi O'Lock Swing FF Tapestry Fabric Shoulder Bag Beige

Fendi O'Lock Swing FF Tapestry Fabric Shoulder Bag Beige 

Selain itu, kartu selalu ditempatkan di dalam saku, tidak pernah digantung pada tas. Tas juga disertai care booklet atau petunjuk perawatan. Semua paperwork yang disertakan bersama tas Fendi modern berwarna putih dan bertekstur kasar. Namun, tas Fendi lama hadir dengan warna kuning. 

Box tas Fendi

Box tas Fendi. Sumber: Monalisalikes.com 

Tas Fendi asli tersedia di dalam kotak karton berwarna kuning yang bisa dimasukan ke dalam logistic box berwarna cokelat. Kedua boks tersebut memiliki stiker berisikan model tas dan serial number. 

Baca juga : Tips Memilih Model Tas Kerja Wanita untuk Penuhi Kebutuhanmu

Fendi F'graphy Small Hobo Bag Dark Gray

Fendi F'graphy Small Hobo Bag Dark Gray 

 

7. Periksa Dust Bag Fendi

Dust bag tas Fendi

Dust bag tas Fendi. Sumber: Luxity.co.za

Dust bag tas Fendi modern berwarna putih dari bahan kanvas dengan tali hitam dan teks  logo berwarna hitam di atasnya. Sementara itu, model tas Fendi keluaran lama memiliki dust bag berwarna kuning.

Baca juga : Sejarah 10 Brand Termahal di Dunia

Fendi F'graphy Small Hobo Bag Wool Fabric Brown

Fendi F'graphy Small Hobo Bag Wool Fabric Brown 

 

Ternyata, cukup sederhana juga ya cara untuk mengetahui ciri-ciri tas Fendi original. Jadi, sekarang kamu tidak bakal tertipu lagi dengan produk tas Fendi palsu. Biar tidak ada rasa was-was, ada satu tempat yang bisa kamu andalkan untuk mendapatkan tas Fendi yang otentik. Jawabannya ada di voila.id! Di sana, kamu bakal mendapat tas Fendi original. Jika nggak asli, dijamin dana kamu kembali 100%. Keren, kan? Yuk, segera check out di voila.id.