Ciri Tas Gucci Original, Simak di Sini!

on December 01, 2022

Gucci Bamboo 1947 Jumbo GG Top Handle Canvas Bag Camel and Ebony

Gucci Bamboo 1947 Jumbo GG Top Handle Canvas Bag Camel and Ebony

Gucci adalah brand handbag yang identik dengan kemewahan dan gaya chic-nya. Didirikan sejak tahun 1921 oleh Guccio Gucci, brand ini telah mengenalkan berbagai desain produk selama bertahun-tahun. Memiliki rentang harga yang tinggi, kualitas produk yang ditawarkan pun sepadan. Beberapa desain tas Gucci pun begitu populer dan menjadi best seller, seperti GG Marmont, Soho Disco Bag, Dionysus, dan Sylvie. Namun, sebagaimana pada umumnya tas branded, semakin banyak pemalsu tas Gucci sehingga kamu harus berhati-hati. Bagaimana cara memastikan produk Gucci yang ingin kamu miliki terbukti keotentikannya?

Baca juga : Cara Membedakan Tas Louis Vuitton Asli dan Palsu: Perhatikan 6 Hal Ini!

 

1. Nomor Seri Hanya Berupa Angka

Source: codogirl.com

Nomor seri adalah cara paling sederhana untuk mengidentifikasi tas Gucci original. Tas tangan Gucci original memiliki label kulit yang terletak di sepanjang jahitan bagian dalam tas. Tag nomor seri yang memiliki logo "Gucci" ini merupakan kunci untuk mengidentifikasi keaslian tasl. Di balik tag ini terdapat nomor seri tas. 

Tas Gucci keluaran tahun 1990-an ke atas akan memiliki dua baris nomor, sedangkan tas keluaran sebelum tahun ‘90-an mungkin hanya memiliki satu baris nomor. Kesamaannya, nomor seri ini haruslah berupa angka saja, tanpa huruf. Jika ada hurufnya, bisa dipastikan tas Gucci tersebut palsu.

Baca juga : Cara Mengenali Tas Coach Original, Simak di Sini

 

2. Memakai Bahan Kulit dengan Kualitas Tinggi

GG Marmont Small Top Handle Bag Black (https://voila.id/collections/gucci/products/gucci-gg-marmont-small-top-handle-bag-black) 

Kualitas bahan kulit yang digunakan juga merupakan hal penting harus diperhatikan. Tas desainer dibuat dari kulit berkualitas tinggi sehingga mudah untuk membedakannya dengan yang palsu. Material kulit yang dipakai oleh Gucci original memiliki motif tidak sempurna dan tidak beraturan seperti pada koleksi tas Gucci vintage. Material kulit tas Gucci original memiliki kulit lembut saat disentuh dan memiliki aroma alami. Sementara, bahan kulit palsu seringkali terlalu halus dan terlihat seperti plastik, karena merupakan buatan mesin. Kulit palsu juga berbau bahan kimia, terutama jika tasnya masih baru. Selain itu, bahannya juga terlalu kaku atau terlalu tipis.

Baca juga : Steal the Scene dengan 5 Rekomendasi Tas High-End Berdesain Unik Pilihan Voila

 

3. Memiliki Jahitan yang Sempurna

Gucci Horsebit 1955 Jumbo GG Mini Bag Camel Ebony Brown

Horsebit 1955 Jumbo GG Mini Bag Camel Ebony Brown (https://voila.id/collections/gucci/products/gucci-horsebit-1955-jumbo-gg-mini-bag-camel-ebony-brown)

Ciri lain dari tas Gucci otentik yang ketiga adalah memiliki jahitan yang sempurna. Banyak brand ternama memiliki pakem jumlah jahitan untuk setiap bagian tas mereka. Karena banyak tas Gucci (seperti desain Marmont dan Soho) ditentukan oleh jahitannya, ini bisa menjadi cara terbaik untuk mengenali tas Gucci palsu. Contohnya, pola jahitan tertentu, seperti logo "GG" Gucci pada tas Soho, sangat sulit ditiru bahkan oleh produsen replika yang sangat profesional.

Baca juga : 10 Merk Tas Branded Wanita yang Paling Dicari Sepanjang Tahun 2022

 

4. Memiliki Kualitas Logo yang Otentik

Gucci GG Marmont Matelassé Pouch Leather Black

GG Marmont Matelassé Pouch Leather Black (https://voila.id/collections/gucci/products/gucci-gg-marmont-matelasse-pouch-leather-black)

Logo "GG" adalah salah satu elemen tas Gucci yang paling ikonis. Logo ini mudah dikenali berkat warna emas yang kontras pada body tas. Simbol ini adalah detail yang sulit ditiru oleh para pemalsu tas Gucci.

Baca juga : 10 Jenis Tas Wanita, yang Mana Jadi Favoritmu?

Ciri logo "GG" pada salah satu elemen tas Gucci adalah kedua huruf G harus berupa huruf besar, tipis dan sejajar di bagian atas, memiliki bagian tengah yang sedikit lebih tebal, dan tumpang tindih di antara logonya. Logo G ganda berwarna emas kecokelatan dan memiliki sentuhan akhir berwarna emas lembut. Sedangkan tas Gucci palsu memiliki logo yang terlalu tipis, terlalu mengilap, atau punya tone warna emas yang terlalu hangat.

Monogram khas Gucci memiliki bentuk yang konsisten di seluruh tubuh tas. Jika kamu melihat ada logo yang salah, ukuran G yang tidak serupa, atau G yang bukan huruf kapital, kemungkinan besar tas itu palsu.

Baca juga : Mengulik Gaya Fashionable Yenni Kristiani, Dare to 'Crash' the Style!

 

5. Memiliki Hardware yang Kokoh

gucci gg marmont mini shoulder bag rose beige

GG Marmont Mini Shoulder Bag Rose Beige (https://voila.id/collections/gucci/products/gucci-gg-marmont-mini-shoulder-bag-rose-beige)

Hardware merupakan detail yang tidak terlalu dipedulikan oleh pembuat replika. Jadi, memeriksa hardware adalah hal yang bisa dilakukan untuk mengecek keaslian tas Gucci. Tas otentik memiliki kualitas yang tinggi. Bentuknya kokoh dan bobotnya cukup berat. Semua ritsleting, kunci, dan hardware logam lainnya harus ditempatkan dengan sempurna dan dicap dengan logo dan font yang tepat. Hardware juga tidak berkarat atau terkelupas. Bedanya dengan tas Gucci palsu, biasanya hardware-nya murah dan ringan. Penempatan hardware yang kurang rapi hingga bentuk tarikan ritsleting yang tidak sejajar merupakan ciri-ciri tas Gucci  palsu.

Baca juga : Tas Tory Burch Asli, Ini Ciri dan Tipe Best-Sellingnya!

 

6. Memiliki Kemasan Kotak dengan Kualitas Tinggi

gucci Horsebit 1955 Flower Shoulder Bag Brown Ghw

Horsebit 1955 Flower Shoulder Bag Brown Ghw  (https://voila.id/collections/gucci/products/gucci-horsebit-1955-flower-shoulder-bag-brown-ghw) 

 

Salah satu hal paling menyenangkan saat menerima tas Gucci baru adalah membuka kotaknya. Kemasan Gucci berkualitas tinggi dan terlihat cantik. Sementara, penjual tas palsu sangat jarang memperhatikan kemasan tas.

Semua tas Gucci otentik akan selalu dilengkapi dengan dust bag berwarna cokelat tua, cokelat muda, putih, atau hitam. Di bagian luarnya, terdapat logo atau monogram Gucci yang terasa halus saat disentuh. Jika membeli baru, akan tercantum kartu informasi khusus dengan kode QR serta detail dan font yang benar. Namun, kamu harus berhati-hati karena banyak penjual yang menggunakan dustbag original, walau barangnya palsu untuk mengelabui calon pembelinya.

Baca juga : Berapa Harga Tas Chanel Asli? Simak Info Selengkapnya di Sini!

 

7. Mendapat Controllato Card

Gucci Controllato Card

Source: 1stdibs.com

 

Secara harfiah, Controllato Card berarti kartu kontrol. Setiap tas Gucci original pasti disertai dengan kartu ini. Controllato Card berisi informasi bahwa tas telah diverifikasi setelah produksi. Sayangnya, kartu ini mudah ditiru. Jadi, perhatikan baik-baik logo, jarak, dan pemusatan teks pada setiap kartu. Harus ada total tiga baris teks dan setiap angka harus memiliki satu spasi di antaranya.

Baca juga : 7 Jenis Model Tas Hermès, Mana Favoritmu?

 

8. Tag Interior Terbuat dari Kulit

Gucci GG Supreme Canvas Attache Small Shoulder Bag Beige Brown

GG Supreme Canvas Attache Small Shoulder Bag Beige Brown (https://voila.id/collections/gucci/products/gucci-gg-supreme-canvas-attache-small-shoulder-bag-beige-brown)

Lihat ke dalam bagian interior tas. Terdapat tag berbentuk persegi panjang yang terbuat dari kulit. Label di bagian dalam tas ini dibuat dengan heat stamp berisi merek, logo, dan tulisan "made in italy" dengan huruf kecil semua. 

Bagian depannya memiliki tiga baris teks dan bagian belakangnya memiliki nomor seri di tengah-tengah tag. Di depan tag-nya, terdapat trademark ® di dalam lingkaran. Di bawahnya, terdapat tulisan “GUCCI” dengan huruf kapital. Bentuk huruf G dan dua buah huruf C hampir membulat, seperti lingkaran yang tidak komplit.

Baca juga : Tips Memilih Model Tas Kerja Wanita untuk Penuhi Kebutuhanmu

Itulah ciri-ciri tas Gucci otentik yang harus diketahui. Jika ingin membeli tas Gucci otentik, kamu bisa langsung cek website dari voila.id untuk mendapatkan pilihan berkualitas terbaik!