Jenis Sepatu Pria Dengan Style Menarik Untuk Berbagai Kesempatan

on December 22, 2022

Kenali Ciri-Ciri Tas Longchamp Asli Agar Tidak Salah Pilih

Memilih sepatu pria yang tepat akan membuat kamu bisa bebas bergerak saat beraktivitas. Tidak hanya itu, memilih ukuran sepatu juga menjadi sangat krusial karena dengan menggunakan ukuran sepatu pria yang tepat, kamu bisa merasa nyaman. Oleh karena itu, pastikan untuk menggunakan ukuran sepatu yang 1-1,5 cm lebih panjang pada bagian ujung sepatu. 

Nike Dunk High Black White - Man

Nike Dunk High Black White - Man 

Kali ini, voila.id akan mengulas tentang jenis-jenis sepatu pria yang cukup beragam. Kamu dapat menggunakan dan menyesuaikannya dengan acara dan aktivitas yang kamu lakukan. Dengan begitu, kamu akan merasa nyaman. Yuk, ikuti terus artikel di bawah ini!

Baca juga : Jenis Sepatu Wanita yang Paling Populer, Mana Favoritmu?

 

1. Sepatu Boot yang Kokoh dan Tangguh

Boot adalah alas kaki yang tidak hanya digunakan untuk menutupi kaki, tetapi juga pergelangan kaki bagian bawah. Terkadang, sepatu boot juga dirancang untuk menutupi bagian betis atau seluruh kaki. Tujuan awal penggunaan boot adalah untuk melindungi kaki dari air, salju, dan dipakai saat melakukan pekerjaan berat dan bahan industri berbahaya. Namun, sekarang sepatu boot juga digunakan di dunia industri, pertambangan, dan militer.

Seiring dengan perkembangan zaman, sepatu boot kini dipakai untuk tampil gaya agar terlihat modis. Sepatu boot sendiri ada beberapa jenis, yaitu hip boot, knee-high boots, thigh-length boots, wedge boots dan chap boots. Pada umumnya, material yang digunakan untuk membuat sepatu boot adalah kulit atau karet. Namun, sekarang juga ada material lain yang digunakan untuk membuat sepatu boot, seperti suede dan plastik.

Baca juga : 10 Rekomendasi Sepatu Air Jordan yang Harus Kamu Miliki

Tod's Ankle Boots Pebble Detail Black

Tod's Ankle Boots Pebble Detail Black 

Burnerry Vintage Check Neoprene and Rubber Rain Boots Archive Beige

Burnerry Vintage Check Neoprene and Rubber Rain Boots Archive Beige 

 

2. Sepatu Espadrille yang Serbaguna dan Nyaman Dipakai

Espadrille adalah sepatu multiguna dan nyaman digunakan. Secara tradisional, sepatu ini menampilkan tali atau sol dari serat anyaman. Namun sekarang, kamu bisa menemukan sepatu espadrille dengan berbagai style, bahan, dan ukuran. Bisa dikatakan jika espadrille adalah sepatu kasual dengan outsole dan insole yang terbuat dari tali.

Bahan yang digunakan umumnya adalah goni atau sejenis rumput. Biasanya juga terdapat sol karet tipis pada bagian bawah untuk meningkatkan daya tahan. Espadrille dicirikan oleh sol luar dari bahan tali dan memiliki tampilan kasual yang populer di musim panas, serta bentuk ujung kaki yang bulat.

Sepatu espadrille juga tergolong produk fashion ramah lingkungan. Hal ini karena sebagian produk umumnya diproduksi dengan menggunakan katun dan kanvas pada bagian atas dengan sol tali yang flat dan kokoh. Solnya sendiri biasanya terbuat dari bahan goni atau tali fiber.

Menurut sejarah, sepatu espadrille berasal dari Spanyol, khususnya dari wilayah Catalonia dan Basque. Namun, ada juga literatur yang menjelaskan jika sepatu berasal dari Prancis. Espadrille mengambil nama dari rumput Esparto, yang merupakan tanaman asli Spanyol bagian selatan. Esparto adalah tanaman sama yang digunakan untuk membuat keranjang dan tali.

Baca juga : 5 Rekomendasi Sepatu Heels Pelengkap Outfit Pesta Tahun Baru

Fendi FF Fabrics Logo Embroidered Espadrilles Brown Yellow

Fendi FF Fabrics Logo Embroidered Espadrilles Brown Yellow

Tory Burch Ines Espadrille Bermuda

Tory Burch Ines Espadrille Bermuda 

 

3. Sepatu Loafer yang Bisa Dipakai Indoor dan Outdoor

Loafer adalah jenis sepatu yang mudah dipakai dan dilepas tanpa adanya tali. Sepatu ini sering disamakan dengan moccasin karena sumber sejarah menjelaskan bahwa kedua sepatu tersebut memiliki daerah asal yang sama. Awalnya, sepatu loafer dirancang hanya untuk dipakai di dalam ruangan. Namun, kini penggunaan sepatu loafer telah berkembang karena dapat dipakai di dalam dan di luar ruangan.

Baca juga : 10 Brand Sepatu Terbaik untuk Wanita, Mana Favoritmu?

Kamu bisa menemukan sepatu loafer yang dibuat dari berbagai bahan, warna berbeda, dengan atau tanpa hiasan. Meskipun sebagian orang memakai loafer untuk acara formal, tetapi sebenarnya sepatu ini tidak dianggap formal karena tidak menggunakan tali. Walaupun begitu, kamu masih bisa menggunakannya dengan jas untuk acara formal atau acara kasual. Untuk tampilan elegan, kamu bisa memadukan setelan formal dengan loafer simple berwarna hitam. 

Sepatu ini tidak cocok dipakai dengan tuksedo atau setelan dan dasi berwarna putih. Pada acara yang kurang formal, kamu bisa memakai sepatu loafer yang dipadukan dengan berbagai jenis celana panjang. Saat dipasangkan dengan celana panjang, pastikan warnanya serasi. Jika kamu mengenakan loafer dengan celana khaki atau jeans denim, memadukan warna kontras pun bisa dilakukan.

Baca juga : Approved! 10 Brand Fashion Termahal di Dunia 2021



 

Bally Parsal Nubuck Leather Loafers Taupe

Bally Parsal Nubuck Leather Loafers Taupe 

Tod's Chain Buckle Loafers Shiny Leather Black

Tod's Chain Buckle Loafers Shiny Leather Black 

 

4. Sepatu Mule Praktis Dipakai

Mule adalah jenis alas kaki yang tidak memiliki punggung sepatu atau tali dan bisa dipakai oleh pria dan wanita. Mule mudah dipakai dan dilepas serta nyaman sekali dipakai saat cuaca panas. Pada umumnya, mule dibuat dari bahan seperti kulit, satin, suede, kain dan terkadang dihiasi buckle atau gesper, manik-manik, bulu dan sulaman berwarna-warni.

Model sepatu ini berasal dari Prancis dan saat itu banyak dipakai oleh aristokrasi. Mule juga dianggap sebagai sepatu yang lebih stylish dengan punggung sepatu terbuka, high heel, dan tanpa alas platform. Ada banyak jenis mule yang tersedia secara online, mulai dari mule yang datar, heel mule, satin mule, leather mule, mule dengan manik-manik hingga sepatu mule polos.

Baca juga : 10 Artis Korea yang Pernah Menjadi Brand Ambassador Merek Ternama

 

MLB NY Yankees Playball Origin Mules White

MLB NY Yankees Playball Origin Mules White  

PHILLIP LIM Mules Alexa Loafer Mules Bone

PHILLIP LIM Mules Alexa Loafer Mules Bone 

 

5. Sepatu Slide yang Mirip Sandal dan Mudah Dikenakan

Slide yang juga dikenal sebagai slide sandal adalah sepatu dengan ujung terbuka tanpa punggung sepatu. Alas kaki ini mendapatkan nama slide karena mudah dipakai dan dilepas. Alas kaki ini memiliki strap (tali tunggal atau ganda) yang melintang di bagian tengah atas sepatu. 

Talinya bisa tebal, tipis, berupa anyaman, dikepang, dipelintir atau diikat. Strap tersebut bisa menutupi sebagian kecil kaki atau hampir seluruh bagian kaki, dari ujung kaki hingga pergelangan kaki. Namun, agar sepatu bisa dikategorikan sebagai slide, alas kaki ini tidak boleh memiliki toe strap atau ankle strap.

Baca juga : Sejarah 10 Brand Termahal di Dunia

Slide sendiri adalah sejenis sandal, tetapi tidak semua sandal bisa dikategorikan sebagai slide. Misalnya, sandal jepit mungkin mudah dipakai, tetapi bukan slide. Slide tersedia dalam style, kasual dan atletis, dan bisa benar-benar flat atau setinggi tumit, seperti mule.

 

Alexander McQueen Pool Slides Pool Slide in Navy/White

Alexander McQueen Pool Slides Pool Slide in Navy/White 

Givenchy Pool Slides Pool Slide With Logo Black Wom

Givenchy Pool Slides Pool Slide With Logo Black Wom 

 

6. Sepatu Sneaker yang Sporty

Sneaker adalah jenis sepatu bertekstur empuk dengan sol karet yang dapat dipakai untuk olahraga atau acara santai dan busana informal. Sneaker bisa dibuat dari kain atau kulit sintetis dan solnya hanya dibuat dari bahan karet. Sneakers juga termasuk sepatu yang nyaman dipakai sehingga sesuai dipakai untuk aktivitas fisik seperti jogging, gym, dan bahkan jalan-jalan santai.

Baca juga : Cara Baca Nama-Nama Brand Luxury Fashion

Sepatu sneaker lebih serbaguna daripada sepatu biasa karena kamu bisa memakai sepatu sneaker dari pagi hingga malam. Sneaker menjadi sepatu yang cukup banyak dipakai oleh kawula muda, baik pria maupun wanita. Dengan sepasang sneakers saja, kamu bisa memadukannya dengan celana pendek, jeans, atau celana khaki. Tampilan stylish dan desain sporty pun mampu menampilkan karakter pemakainya.

Baca juga : Inspirasi Tren Fashion Fall dan Winter 2022



 

Christian Dior Sneakers B30 Sneakers Black

Christian Dior Sneakers B30 Sneakers Black 

Gucci Sneakers Men's Rhyton Leather Sneaker Ivory

Gucci Sneakers Men's Rhyton Leather Sneaker Ivory 

 

7. Sepatu Pantofel Cocok Untuk Acara Formal

Sepatu pantofel adalah jenis sepatu datar tanpa hak dan umumnya tidak memakai tali sepatu. Sepatu pantofel hampir selalu menggunakan kulit asli binatang, seperti kulit rusa, kambing, kuda, sapi, dan lainnya sebagai bahan material sehingga tampak elegan dan memiliki daya tahan yang cukup lama.

Baca juga : Tren Fashion 2023 yang Wajib Dimiliki Untuk Tampil Stylish dan Modis

Ketika pertama kali dibuat, sebenarnya sepatu pantofel digunakan sebagai jenis sepatu kasual. Namun, karena popularitasnya terus meningkat, sepatu pantofel menjadi jenis sepatu yang dapat dipadukan dengan setelah bisnis sehingga tampak begitu formal. Kamu bisa menggunakan sepatu pantofel untuk acara resmi agar penampilan kamu tampak profesional.

Bally Pantofel Wedmer Leather Pantofel Black Calf Plain

Bally Pantofel Wedmer Leather Pantofel Black Calf Plain 

 

Jadi, sepatu pria mana yang menjadi favoritmu? Apapun acara dan aktivitas yang kamu lakukan, semua jenis sepatu di atas cocok untuk kamu. Nah, kalau kamu ingin mengoleksi sepatu pria berkualitas dan original, pastikan untuk membelinya di voila.id. Dijamin, semua produknya asli, alias original!