Jenis Sepatu Wanita yang Paling Populer, Mana Favoritmu?

on October 09, 2022
Jenis Sepatu Wanita yang Paling Populer versi Voila.id

Di antara berbagai jenis item fashion, sepatu merupakan salah satu jenis yang paling istimewa dan banyak jenisnya. Kehadiran sepatu, walau dikenakan di bagian paling bawah tubuh, yakni kaki, bisa membuat penampilanmu berubah menjadi dramatis. Misalnya, jika kamu menggunakan sneakers bersama dengan blus dan celana, keseluruhan outfit-mu akan terasa keren dan kasual. Namun, dengan item pakaian yang sama, jika kamu mengenakan sepatu stiletto, keseluruhan outfit-mu akan berkesan elegan.

Baca juga : 10 Rekomendasi Sepatu Air Jordan yang Harus Kamu Miliki

Kehadiran sepatu memang membuat tampilanmu tampak lebih berkesan. Untuk alasan kenyamanan, pilih sepatu yang berkualitas dan awet. Dikutip dari University Health Service – University of Michigan , sepatu harus memiliki bagian tumit yang kuat. Sebelum mengetesnya di kaki, tes dulu kekuatan sepatu dengan tanganmu.

 

Pastikan tumit sepatu tidak bergerak ke kiri dan ke kanan saat kamu mengetes keelastisannya. Namun, jika kamu memegang sepatu di kedua ujungnya (bagian tumit dan jari), bagian tengah sepatu harus agak elastis dan bisa agak menekuk. 

 

Setelahnya, kenakan sepatumu. Perhatikan bagian ujung jarinya. Sepatu yang nyaman bisa mengikuti gerak jari kaki dan cukup elastis. Sepatu juga harus cukup punya ruangan untuk jari kaki, cukup lebar dan panjang. Pastikan sepatu benar-benar nyaman saat dicoba. Jangan percaya apabila ada yang mengatakan bahwa sepatu yang tidak terasa nyaman akan berubah bentuknya mengikuti kaki kita dan lambat laun akan terasa lebih nyaman.

 

Yuk, simak jenis-jenis sepatu wanita berikut ini.

 

Jenis Sepatu Boots Wanita 

 

Sepatu boots merupakan sepatu yang bisa memberikan tampilan yang unik pada keseluruhan outfit-mu. Sebelum membelinya, jangan lupa untuk mengetes kenyamanan boots di kakimu. Karena bentuknya yang khas, bagian dalam sepatu boots biasanya cukup lebar untuk menopang tingginya. Jika rasanya kurang nyaman, kamu dapat “mengganjalnya” dengan arch support. Berikut ini adalah jenis-jenis sepatu boots wanita umum yang bisa kamu lirik.

 

Ankle Boots

 Tod's Ankle Boots Pebble Detail Black

Sesuai namanya, tinggi sepatu ini mencapai bagian mata kaki saja. Karena bentuknya yang tidak terlalu dramatis, ankle boots bisa tetap kasual saat dipadupadankan dengan pakaian yang kasual. Apalagi, jika tidak ada haknya. Ankle boots dengan hak pun bisa memberi kesan yang cantik dan elegan.

 

Cek rekomendasi ankle boots di sini.

 

Baca juga : 10 Brand Sepatu Terbaik untuk Wanita, Mana Favoritmu?

Ankle Boots Pebble Detail Black

 

Knee High Boots 

 Knee High Boots

Knee-high boots merupakan sepatu boots yang tingginya sampai ke lutut atau tepat di bawah lutut. Sepatu ini cocok dikenakan di tempat yang cuacanya dingin, tapi tidak menutup kemungkinan pula untuk dikenakan di sini, sepatu ini cocok untuk event tertentu atau menonton konser. Sebab, ia bisa membuat gayamu menjadi sangat chic. Jika baru pertama kali mengenakan knee high boots dan bingung memadupadankannya, kenakan dengan gaun atau rok mini. 

 

Platform Boots 

 Valentino Garavani VLogo Calfskin Ankle Boot 75mm Black

Jika kamu ingin terlihat tambah tinggi secara stylish, kamu bisa mencoba platform boots yang sempat naik trennya di tahun ‘80-an dan ‘90-an. Mulai dari hak platform yang tebal hingga yang terlihat kasual, platform boots bisa mengubah gaya berpakaianmu jadi tambah keren. Jika tidak nyaman menggunakan stiletto, platform boots bisa kamu coba karena pastinya lebih nyaman.

 

Cek rekomendasi platform boots di sini.

 

VLogo Calfskin Ankle Boot 75mm Black

 

Stiletto Boots 

 malone souliers Tamara 90 Ankle Boots Lace Black

Stiletto boots terlihat super seksi dan chic karena memadukan tingginya sepatu boots dan tipisnya hak stiletto, bukan tumit blok klasik. Kamu bisa tampil memukau dengan gaya ini di mana saja. Ingin memakainya ke kantor? Pilih sepatu stiletto boots sepergelangan kaki dan padukan dengan rok pensil atau celana berpotongan lurus. Lalu, padukan dengan kemeja dan blazer. Ingin mengenakan stiletto boots untuk girls’ night? Padukan dengan dress bodycon. Outfit-mu dijamin langsung keren.

 

Cek rekomendasi stiletto boots di sini.

 

Tamara 90 Ankle Boots Lace Black



Jenis Sepatu Pantofel Wanita

 

Jika didefinisikan secara harfiah, sepatu pantofel artinya sepatu pendek. Ia merupakan jenis sepatu bermodel formal yang biasa digunakan untuk bekerja atau acara resmi. Sepatu pantofel ini harus mudah digunakan dan dilepas tanpa usaha menalikannya. Namun, pada perkembangannya, jenis sepatu pantofel wanita pun jadi bermacam-macam.

 

Yuk, simak jenis-jenis sepatu pantofel wanita di sini.

 

Oxford Shoes

 Tod's Lace Up Leather Oxford Shoes Black

Model sepatu Oxford memiliki ciri khas akses tali yang kecil dan tidak penuh. Ia juga memiliki motif yang seperti renda. Badan sepatu Oxford ini juga ramping dan cantik, walaupun tampak maskulin juga di waktu yang sama. Walau dibuat untuk acara resmi oleh penemunya, kini model sepatu Oxford juga berkembang menjadi lebih kasual.

 

Simak rekomendasinya di sini

 

Tods Oxford Shoes

Lace Up Leather Oxford Shoes Black

 

Loafer Shoes

 Fendi O'Lock Loafers Caiman Leather Brown

Jenis sepatu pantofel wanita model loafer tidak memiliki aksen tali maupun strap. Sepatu jenis ini nyaman dan mudah dikenakan (slip on). Walau lebih banyak loafer rata dan tidak memiliki hak, kini juga ada sepatu loafer yang memiliki hak pendek. Tampilannya juga semiformal sehingga dapat dikenakan di acara-acara santai.

 

Cek rekomendasinya di sini:

 

Fendi Loafers

 

O'Lock Loafers Caiman Leather Brown

 

Moccasins Shoes

 Christian Louboutin Roller-Boat Flat Crosta Fiesta GG-Multi Gun

Sekilas, model moccasins mirip dengan sepatu loafer. Tampilannya juga semiformal, hanya bermodel datar saja. Ciri khas yang membedakan moccasins dengan sepatu loafer adalah bagian penutup sepatu di atas yang memiliki aksen jahitan tebal. Umumnya, moccasins juga terbuat dari bahan kulit halus. Sepatu ini pun memiliki bagian sol yang cukup lembut. Jika kamu tengah mencari jenis sepatu pantofel yang nyaman, moccasins ini cocok untukmu. Padukan dengan celana pendek atau tiga perempat untuk tampilan yang kasual

 

Cek rekomendasinya di sini

 

Louboutin Moccasins

Roller-Boat Flat Crosta Fiesta GG-Multi Gun Metal

 

Mules Shoes

 Malone Souliers Maureen Nappa Leather Mules Mauve/Deep Taupe

Sepatu mules tampak resmi dan santai dalam waktu bersamaan sehingga cocok digunakan dalam kesempatan intimate party, apalagi di luar ruangan. Desain bagian depannya tertutup dan banyak yang lancip. Namun, bagian belakangnya terbuka, mirip dengan sandal. Karena sangat versatile, tidak akan rugi memiliki sepatu mules untuk melengkapi outfitmu.

 

Cek rekomendasinya di sini.

 

Malone Souliers

 

Maureen Nappa Leather Mules Mauve/Deep Taupe

 

Jenis Sepatu Flat Wanita

 

Sepatu flat identik dengan jenis sepatu wanita yang feminin dan manis. Sesuai namanya, sederhananya, flat shoes merupakan sepatu tanpa hak. Jenisnya juga beraneka. Pasti, setidaknya kamu punya satu jenis flat shoes di rak sepatumu. Namun, apakah kamu yakin, sepasang flat shoes saja cukup?

 

Simak jenis-jenis sepatu flat wanita di sini.

 

Ballerina Shoes

 Tory Burch Eleanor Ballerina Flat Suede Leather Taupe

Sesuai namanya, ballerina shoes memiliki bagian alas yang tipis dan ujung sepatu yang membulat seperti sepatu balet. Beratnya sangat ringan seperti kulit kedua. Karena modelnya yang simpel, kamu bisa memadukan sepatu ballerina ini dengan berbagai outfit mulai dari office wear, celana jins, celana pendek, hingga summer dress.

 

Cek rekomendasinya di sini.

 

Eleanor Ballerina Flat Suede Leather Taupe

 

Espadrilles Shoes

 tory burch ines espadrille almond flour

Sepatu espadrilles merupakan sepatu yang dirancang untuk musim panas. Tampilannya yang santai dengan aksen yang berkesan tropis, seperti anyaman atau tali goni. Karena modelnya yang kasual, kamu bisa memadupadankannya dengan celana cropped atau pendek, summer dress, ataupun rok mini. 

Cek rekomendasinya di sini.

 

Tory Burch Espadrilles

Tory Burch Ines Espadrille Almond Flour

 

Slip On

 Kenzo Tiger Embroidered Elastic K-Skate NO-Lace Trainers Black

Jenis sepatu flat wanita ini merupakan jenis sepatu yang paling mudah dikenakan, sesuai dengan namanya. Kamu tinggal memasukkan kaki ke dalamnya dan siap melangkah. Bagian depan dan atasnya menutupi kaki dengan mantap. Modelnya sendiri cukup kasual. Ia cocok dikenakan dengan celana bermodel skinny atau lurus.

Cek rekomendasinya di sini

 

Kenzo Slip On

 

Tiger Embroidered Elastic K-Skate NO-Lace Trainers Black

 

Sliders Shoes

 Manolo Blahnik Martamod FMC Buckle Slides Dnud

Jenis sepatu flat wanita ini memiliki sol yang datar dengan bagian atas yang tidak menutupi jari kaki. Bagian belakangnya juga terbuka. Walaupun sepatu ini didesain untuk pemakaian bersantai, sudah banyak desainer yang membuat sliders shoes dengan model yang lebih mewah dan elegan. Bagaimanapun juga, padukan dengan outfit yang santai, ya.

 

Cek rekomendasinya di sini.

 

Manolo Blahnik Sliders

 

Martamod FMC Buckle Slides Dnud

 

Jenis Sepatu Sneakers Wanita

 

Jika berbicara mengenai sneakers, memang tidak ada habisnya. Dari namanya, sneakers merupakan sepatu dengan sol yang lembut sehingga tidak mengeluarkan suara saat pemakainya tengah berjalan atau bersembunyi (sneaking). Wanita pecinta sepatu kasual hampir pasti memiliki model sepatu ini. Sneakers tidak hanya tersedia dalam satu model. Ada banyak lagi cabangnya. 

Baca juga : SNEAKY SNEAKERS!

 

Simak jenis sepatu sneakers wanita di sini.

 

Chunky Sneakers

 Nike Air Force 1 Shadow Atmosphere Mint Foam - Wom

Sempat tren di tahun ‘90-an, chunky sneakers kini semakin menjamur lagi. Chunky sneakers atau dad sneakers memiliki sol yang tebal dan siluet yang chunky. Tidak hanya ramai digunakan di aktivitas sehari-hari dengan gaya street style. Chunky sneakers juga “naik kelas” berjalan di runway. Sebab, modelnya yang unik akan membuat penampilanmu langsung keren seketika.

 

Cek rekomendasinya di sini.

 

Nike Dad Sneakers

 

Air Force 1 Shadow Atmosphere Mint Foam - Wom

 

Classic Sneakers Shoes

Air Jordan 1 Low MMD Multicolor Grid (GS) 

 

Model sepatu sneakers wanita ini menjadi favorit, sebab dapat dipadupadankan dengan banyak outfit. Modelnya yang simpel jadi juara. Solnya tidak terlalu tebal, tapi juga tidak terlalu tipis. Modelnya juga tidak memiliki banyak aksen sehingga cenderung clean. Dari segi lebar, ia tidak terlalu ramping seperti Oxford shoes, tetapi juga tidak selebar chunky sneakers.

 

Simak rekomendasinya di sini.

 

Air Jordan Classic Sneakers

 

1 Low MMD Multicolor Grid (GS)

 

Leather Sneakers

 Valentino Garavani One Stud Nappa Leather Low-Top Sneaker Black

Sneakers tidak hanya bermain di model dan warna saja, tapi juga bahannya. Material leather atau kulit pada sneakers memberikan kesan mewah dan kasual. Sehingga, jenis sepatu sneakers wanita ini juga cocok kamu kenakan ke acara yang lebih formal. Sepatu ini,, bisa memberikan kesan edgy pada keseluruhan looksmu.

 

Simak rekomendasinya di sini:

 

Valentino Garavani Leather Sneakers

 

One Stud Nappa Leather Low-Top Sneaker Black Multi



Running Sneakers

 Nike Air Zoom Alphafly Next% Purple (W) - Wom

Sesuai namanya, jenis sepatu sneakers wanita ini diperuntukkan ke kegiatan fisik, khususnya berlari. Setiap wanita harus memiliki setidaknya satu pasang sepatu ini untuk aktivitas fisik. Running shoes memiliki support ekstra, bantalan, dan kelenturan untuk kenyamanan berlari. Selain itu, sepatu ini juga memberikan keseimbangan dan keamanan khusus untuk kesehatan kakimu. Walaupun bentuknya tinggi kamu juga bisa tampil gaya dengan sepatu running sneakers ini.

 

Simak rekomendasinya di sini:

 

Air Zoom Alphafly Next% Purple (W) - Wom

 

Jenis High Heels Wanita

 

Walaupun mungkin secara kenyamanan, sepatu high heels tidak terlalu memberikannya, pada kenyataannya, sepatu ini tetap menjadi favorit wanita. Jenisnya juga beraneka ragam. Haknya yang tinggi membuat penampilan jadi elegan seketika. Tidak hanya bermodel elegan, sepatu ini juga jadi pilihan wanita dengan postur tubuh yang mini supaya terlihat lebih tinggi.

 

Simak berbagai modelnya di sini.

 

Stiletto

 Christian Louboutin Hot Chick Sling 100 Slingback Pumps Patent

Jenis sepatu high heels wanita stiletto ini memiliki ciri khas hak yang ramping dan runcing. Untuk memperkuat aksen ini, umumnya hak sepatu stiletto juga paling tinggi dibandingkan sepatu high heels lainnya. Stiletto paling cocok dipadukan dengan formal dress dan work attire berkat kesan formal dan keeleganannya.

 

Cek rekomendasinya di sini.

 

Stiletto Christian Louboutin

 

Hot Chick Sling 100 Slingback Pumps Patent Black

 

Wedges Shoes

 Valentino Garavani Rockstud Crossover Straps Wedge Sandals

Jika dibandingkan dengan sepatu stiletto dengan tinggi hak yang sama, tentu jenis sepatu high heels wanita satu ini lebih nyaman. Sebab, bagian haknya tersambung mendatar hingga ke bagian depan sepatu sehingga memberikan support tambahan. Tampilannya juga stylish. Namun, berhati-hati memakainya jika tipe kakimu tidak begitu jenjang, sebab membuat kaki terlihat penuh. Sebagai alternatif, pilihlah tipe wedges shoes yang haknya bertinggi sedang cenderung pendek.

 

Cek rekomendasinya di sini.

 

Rockstud Crossover Straps Wedge Sandals

 

Platform Heels

 Saint Laurent Tribute Patent Leather 11.5 cm Platform Sandal

Jika ingin mengenakan sepatu hak tinggi yang tetap memberikan kesan formal tapi tetap edgy, kamu bisa mempertimbangkan platform heels. Jenis sepatu high heels ini juga memiliki bantalan yang tinggi di bagian depan sepatu. Jadi, walaupun haknya tinggi, kakimu terasa lebih nyaman berkat perbedaan tinggi di bagian depan dan belakang kaki yang tidak terlalu besar.

 

Cek rekomendasinya di sini. 

 

Tribute Patent Leather 11.5 cm Platform Sandal Black

 

Kitten Heels

 Manolo Blahnik Hangisi 30 Satin Pumps With FMC Crystal Buckle

Jika menyukai model sepatu high heels wanita tapi tidak kuat dengan hak tingginya, kamu bisa mencoba kitten heels. Walau termasuk ke dalam kategori high heels, tinggi hak di sepatu ini hanya berada di kisaran 3-5 cm. Kamu tetap akan terlihat elegan, tapi kakimu tidak akan pegal. Karena tidak terlalu tinggi, kitten heels juga bisa kamu gunakan di kegiatan yang lebih santai seperti hangout atau outdoor party.

 

Simak rekomendasinya di sini.

 

Hangisi 30 Satin Pumps With FMC Crystal Buckle Dnud

 

Itulah berbagai jenis sepatu wanita yang bisa kamu intip, berikut dengan rekomendasi dari voila.id. Manakah yang menjadi favoritmu?