10 Tas Ikonis dari Berbagai Brand Terkenal di Dunia

on January 16, 2023

10 Tas Ikonis dari Berbagai Brand Terkenal di Dunia

Setiap brand fashion di seluruh dunia memiliki produk yang menjadi ikon dari brand tersebut. Begitu pula untuk handbag atau tas tangan. Sebagian besar brand memiliki tas ikonis populer yang dianggap spesial, baik secara historis, model dan juga high-quality yang ditawarkan. Brand tas mewah dunia, seperti Hermes, Louis Vuitton, Prada, Gucci dan lainnya juga memiliki tas ikonis yang banyak diburu pecinta fashion dunia. 

Tidak mudah untuk memilikinya. Selain harganya mahal, waktu tunggu untuk mendapatkannya juga bisa sampai bertahun-tahun. Nah, biar kamu nggak tambah penasaran, kali ini voila.id bakal merangkum tas ikonis dari berbagai brand terkenal di dunia. 

 

1. Handbag Hermes Birkin, Waiting List Bisa Sampai 6 Tahun

Jane Birkin dan Jean-Louise Dumas

Jane Birkin dan Jean-Louise Dumas. Sumber: Luxurylaunches.com

Tas Hermes Birkin memiliki histori yang unik. Saat itu, seorang artis bernama Jane Birkin mengalami sedikit kecelakaan saat melakukan penerbangan Air France tahun 1981 dan ia menumpahkan seluruh isi tasnya. 

Jean-Louise Dumas, Chief Executive of Hermès yang duduk di sebelahnya pun menyarankan Jane Birkin untuk mencari tas dengan saku agar bisa membawa barang-barang milik wanita. Saat itu juga, Jean-Louis Dumas dan Jane Birkin membuat sketsa tas Birkin yang sekarang menjadi tas ikonis Hermes

Baca juga : 7 Jenis Model Tas Hermès, Mana Favoritmu

Ada beberapa alasan kenapa Birkin menjadi tas ikonis Hermes. Hal ini karena Birkin dianggap sebagai tas mewah yang memiliki legacy, histori dan prestise. Proses pengerjaan bisa sampai 20 jam oleh seorang yang terlatih dan terampil. Kamu juga tidak bisa langsung mendapatkan tas Birkin. Bahkan, waiting listnya bisa mencapai 6 tahun.

Bahan yang digunakan juga high-quality, mulai dari kulit sapi, biawak, burung unta, hingga kulit buaya. Kualitas yang ditawarkan tas Birkin juga gold-standard. Hingga sekarang, kita tidak tahu berapa banyak tas Birkin yang sukses dijual tiap tahun. Hal ini pun terkesan misterius dan eksklusif. Berikut rekomendasi tas Birkin dari voila.id.

Baca juga : Ciri-Ciri Tas Hermes Asli yang Perlu Kamu Tahu

Hermes B25 Black Togo Ghw U

Hermes B25 Black Togo Ghw U 

 

2. Louis Vuitton Speedy Terinspirasi dari Travel Keepall

Audrey Hepburn dengan tas Speedy

Audrey Hepburn dengan tas Speedy. Sumber: Harperbazaar.com

Speedy menjadi tas ikonis Louis Vuitton yang pertama kali diperkenalkan tahun 1930. Tas Speedy diadaptasi dari travel Keepall. Ukuran tas Speedy yang lebih kecil dari travel Keepall membuatnya fungsional. Tas ini makin disukai pecinta fashion dunia karena dirancang dengan beragam bentuk, warna, ukuran dan finishing manis.

Baca juga : Cara Membedakan Tas Louis Vuitton Asli dan Palsu: Perhatikan 6 Hal Ini!

Tas ikonis Speedy dari Louis Vuitton makin dikenal berkat campur tangan Audrey Hepburn di tahun 1965 yang meminta versi Speedy lebih kecil. Karena menjadi favorit para pecinta fashion dunia, tas Speedy pun dibuat menjadi koleksi permanen dari Louis Vuitton dengan 3 pilihan kanvas, yaitu LV Monogram, Damier Ebene, dan Damier Azur.

Desainer Marc Jacob

Desainer Marc Jacob. Sumber: Fashion.telegraph.co.uk

Tas Speedy dari Louis Vuitton makin ikonis sejak tahun 1997 berkat arahan kreatif Marc Jacob. Dia sering merancang tas Speedy dengan melakukan kolaborasi bersama artis terkenal dunia sehingga membuatnya makin diburu. Berikut rekomendasi tas Speedy dari voila.id.

Louis Vuitton Speedy Bandoulière 20 Handbag Black

Louis Vuitton Speedy Bandoulière 20 Handbag Black 

 

3. Fendi Baguette Dengan Siluet yang Menawan

Tas Fendi Baguette pernah dipakai dalam serial Sex and the City

Tas Fendi Baguette pernah dipakai dalam serial Sex and the City. Sumber: Hypebae.com

Jika berbicara tentang tas yang tahan lama, kita tidak bisa mengabaikan tas ikonis Fendi, yaitu tas dari koleksi Baguette. Tas model ini dianggap memiliki desain unik dan memukau dengan siluet menawan, inverted hardware FF dan penutup flap ikonik.

Tas Baguette makin populer saat dipakai oleh karakter Carrie Bradshaw dalam serial Sex and the City. Dalam serial tersebut, karakter Carrie lebih memilih menyerahkan dompet kepada perampok dibandingkan menyerahkan tas Baguette miliknya. Sejak saat itu, tas Baguette menjadi ikon budaya pop yang makin dikenal. Berikut rekomendasi tas Baguette dari voila.id.

Baca juga : 10 Merk Tas Branded Wanita yang Paling Dicari Sepanjang Tahun 2022

Fendi Baguette FF Jacquard Crossbody Bag Fabric

Fendi Baguette FF Jacquard Crossbody Bag - Fabric 

 

4. Chanel Flap Bag Dengan Back Slip Pocket yang Fungsional

Gabrielle “Coco” Chanel

Gabrielle “Coco” Chanel. Sumber: Thenewdaily.com.au

Buat penggemar tas mewah Chanel, tentu tidak asing dengan Flap Bag. Ya, tas model ini memang menjadi tas ikonis Chanel yang pertama kali diluncurkan pada Februari 1955 hasil rancangan Gabrielle “Coco” Chanel. 

Flap dianggap sebagai model tas pendobrak mode dengan tali bahu atau shoulder strap yang membuat wanita bebas ketika menggunakannya. Tali bahu yang dapat diatur serta back slip pocket yang mudah diakses membuatnya fungsional saat digunakan.

Baca juga : Berapa Harga Tas Chanel Asli? Simak Info Selengkapnya di Sini!

Karl Lagerfield

Desainer Karl Lagerfeld. Sumber: Nytimes.com

Popularitasnya makin meningkat ketika tahun 1983, Karl Lagerfeld menjadi direktur kreatif dan memutuskan menginterpretasikan kembali tas ikonis Flap yang pertama kali diluncurkan. Desainnya makin disukai dengan berbagai pilihan material kulit, ukuran, dan kombinasi hardware. Berikut rekomendasi tas Flap dari voila.id.

Chanel Small Classic Handbag Beige Caviar Ghw

Chanel Small Classic Handbag Beige Caviar Ghw 

 

5. Prada Supernova Tampilkan Tradisi Historis dan Kontemporer

Miuccia Prada dan Raf Simons

Miuccia Prada dan Raf Simons. Sumber: Vogue.com

Untuk brand Prada, Supernova menjadi tas ikonis yang menarik perhatian pecinta fashion. Tas tangan ini baru diperkenalkan selama fashion show Prada Women’s Fall/Winter 2022 yang dikenalkan oleh Miuccia Prada dan Raf Simons. Model tas ini menjadi begitu ikonis karena mencerminkan tradisi historis dan kontemporer brand Prada.

Tas Prada Supernova terbuat dari soft leather dan beragam colorways, termasuk desain gradien dua warna yang unik. Tidak hanya itu, material kulitnya merupakan luxurious brushed leather dan sangat mengilap. Penggunaan airbrushed by hand merupakan cara inovatif untuk menonjolkan tampilan warna kontras di sekelilingnya, seolah-olah menciptakan bayangan dan siluet.

Baca juga : 10 Jenis Tas Wanita, yang Mana Jadi Favoritmu?!

Tas ini berbentuk traspesium dengan handle melengkung. Model seperti ini mengingatkan kita pada aksesori klasik yang timeless, tetapi juga mendapat sentuhan moden dan inovatif dari brand Prada. Berikut rekomendasi tas Supernova dari voila.id.

Prada Small Brushed Leather Supernova Handbag Alabaster

Prada Small Brushed Leather Supernova Handbag Alabaster 

 

6. Yves Saint Laurent LouLou Dengan Chain Strap

Desainer Anthony Vaccarello

Desainer Anthony Vaccarello. Sumber: Businessoffashion.com

LouLou merupakan tas ikonis Yves Saint Laurent atau YSL yang dirancang oleh desainer Anthony Vaccarello. Sejak diperkenalkan tahun 2017, model tas LouLou berubah menjadi handbag modern yang seolah wajib dimiliki oleh pecinta fashion

Bisa dikatakan jika tas LouLou mengusung classic flap style yang dirancang dengan berbagai warna, ukuran dan material, seperti denim hingga tweed. Selain itu, banyak pula model tas LouLou yang menampilkan chain strap atau tali rantai. 

Tas LouLou YSL memiliki size relatif kecil sehingga sempurna untuk dipakai sehari-hari dan bisa dipakai dengan dua cara, yaitu di bahu dan crossbody. Desainnya yang dirancang dengan beragam warna membuat pecinta fashion dapat memilih tas LouLou yang disukai. Berikut rekomendasi tas LouLou dari voila.id.

Baca juga : Tips Memilih Model Tas Kerja Wanita untuk Penuhi Kebutuhanmu

Saint Laurent LouLou Small Black Ghw

Saint Laurent LouLou Small Black Ghw 

 

7. Gucci Horsebit Terinspirasi dari Dunia Berkuda

Horsebit 1953

Sepatu Horsebit 1953. Sumber: Gucci.com

Gucci juga memiliki tas ikonis yang tersohor, apalagi kalau bukan Horsebit. Tas ini pertama kali dirancang pada tahun 1950-an dan memiliki desain unik yang terinspirasi dari dunia berkuda. Tas Horsebit terdiri dari 2 elemen, yaitu double ring dan bar atau papan yang bila digabungkan akan terbentuk Horsebit Gucci. 

Alexa Chung dengan tas Horsebit

Alexa Chung dengan tas Horsebit. Sumber: Gucci.com

Pada awalnya, desain Horsebit muncul sebagai sepasang sepatu yang diluncurkan tahun 1953. Selanjutnya pada 1955, desain tersebut digunakan pertama kali pada tas tangan. Desain tas yang menarik dan modis membuatnya populer di kalangan elit, terutama mereka yang suka traveling. Berikut rekomendasi tas Horsebit dari voila.id.

Baca juga : Ciri Tas Gucci Original, Simak di Sini!

Gucci Horsebit 1955 Jumbo GG Mini Bag Camel Ebony Brown

Gucci Horsebit 1955 Jumbo GG Mini Bag Camel Ebony Brown 

 

8. Delvaux Brillant, Anggun saat Dipakai

Queen Mathilde dari Belgia dengan tas Le Brillant Mini

Queen Mathilde dari Belgia dengan tas Le Brillant Mini. Sumber: Townandcountrymag.com

Delvaux menjadi begitu spesial karena brand ini adalah pemasok produk fashion resmi untuk keluarga kerajaan Belgia. Tas ikonis yang dimiliki Delvaux adalah Brillant. Brand ini memang dikenal sebagai kreator produk tas paling kompleks, radikal dan ikonis. 

Mulai dari bentuk tas yang memukau, buckle atau gesper seperti permata, serta modelnya yang menawan. Tas Brillant pertama kali diciptakan tahun 1958 ketika Brussel menjadi tuan rumah World Fair dan arsitektur pemerintahaan tertinggi. Bangunan Philips Pavilion di Belgia dengan seni arsitektur luar biasa menjadi inspirasi di balik tas baru Delvaux. 

Desainnya yang begitu rumit membuatnya dinamai dengan ‘le Brillant’ yang tampak begitu anggun hingga menjadi tas ikonis dari Delvaux. Setiap detail tas Brillant dirancang dengan cermat dan presisi. Berikut rekomendasi tas Brillant dari voila.id.

Baca juga : 5 Tas Branded Berukuran Besar Pelengkap Kegiatan Sehari-hari

Delvaux Brillant PM Box Bag Calf Tan

Delvaux Brillant PM Box Bag Calf Tan 

 

9. Celine Luggage, Desainnya Timeless Classic

Celine Nano Luggage Black Smooth

Celine Nano Luggage Black Smooth

Brand Celine juga memiliki tas ikonis, apalagi kalau bukan model Luggage. Tas ini juga dirancang dengan desain timeless classic dan fungsional. Saat tas Luggage dari Celine diluncurkan, material yang digunakan cukup beragam. 

Misalnya, mulai dari pemilihan kulit seperti grained calf, suede selama bertahun-tahun, hingga penggunaan kanvas. Di lain waktu, material tas menggunakan bahan eksotis dengan kulit lizard atau kadal dan ular piton.

Baca juga : Nude Bags yang Wajib Dimiliki untuk Outfit Keseharian Kamu

Salah satu model tas, yaitu Luggage Tote dianggap paling populer sepanjang waktu sehingga menjadi ikon brand Celine. Adalah Phoebe Philo yang pertama kali meluncurkannya pada koleksi spring 2010. Berikut rekomendasi tas Luggage dari voila.id.

Celine Nano Luggage Pearl Grained

Celine Nano Luggage Pearl Grained 

 

10. Givenchy Antigona Dengan Desain Fashionable dan Elegan

Tas Antigona menjadi tas ikonis Givenchy yang diluncurkan pertama kali tahun 2010. Namanya diambil dari aspek kepahlawanan dalam mitologi Yunani. Tas Antigona bisa membantu mendefinisikan style khas ‘House’. Konstruksi arsitektur yang kaku, dipadu dengan feminitas dan maskulinitas dari brand Givenchy membuatnya tampak memikat. 

Walaupun tampilannya compact, tetapi tas Antigona bisa muat banyak barang. Tas ini juga memiliki strap yang dapat dilepas, sekaligus bisa dipakai dengan berbagai cara. Namun, model selempang menjadi favorit pecinta Antigona. Tas Antigona juga tampak elegan, stylish dan modern saat dipakai. Berikut rekomendasi tas Antigona dari voila.id.

Baca juga : 5 Tas Loewe yang Wajib Diketahui!

Givenchy Antigona Small Black Smooth

Givenchy Antigona Small Black Smooth

Semua tas ikonis di atas menjadi model favorit pecinta fashion dunia. Selain modelnya yang istimewa, kamu juga tidak perlu ragu dengan kualitasnya. Nah, dari 10 tas ikonis di atas, mana yang ingin kamu koleksi? Kalau tertarik untuk mendapatkannya, yuk segera meluncur ke voila.id. Ada banyak produk tas ikonis lainnya yang bisa kamu pilih. Dijamin pasti original!