Cara Mengetahui Ukuran Baju Wanita, biar Tidak Salah Pilih

on January 26, 2023

Cara Mengetahui Ukuran Baju Wanita

Pernah nggak sih kamu beli baju, baik di toko offline maupun online, tetapi ternyata salah ukuran? Bagaimana rasanya? Kesal banget, bukan? Ladies, ternyata mengetahui ukuran badan sendiri itu sangat penting lho! Hal ini supaya kamu bisa memilih busana yang pas di badan, tidak terlalu besar dan tidak kekecilan. Dengan begitu, kamu akan merasa nyaman saat memakainya.

Ulla Johnson Jacqueline Dress Minuit

Ulla Johnson Jacqueline Dress Minuit 

Kalau tidak ingin ada kejadian salah ukuran ketika membeli baju, kali ini voila.id akan bagi-bagi tip tentang cara mengetahui ukuran baju wanita. Yuk, simak artikel selengkapnya di bawah ini!

Baca juga : Tren Fashion 2023 yang Wajib Dimiliki Untuk Tampil Stylish dan Modis

A. Cara Mengukur Size Baju 

Ada beberapa langkah yang bisa dilakukan untuk mengetahui ukuran baju agar tidak salah pilih. Ikuti ya beberapa tip dari voila.id di bawah ini.

 

1. Ukur Bagian Payudara atau Dada

Ukur Bagian Payudara atau Dada

Sumber: Wikihow.com 

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah dengan mengukur payudara atau bagian dada untuk mendapat ukuran yang sesuai. Pastikan pita pengukur berada di bawah ketiak atau lengan dan tidak terlalu kencang. Jika diukur terlalu kencang, kamu akan mendapatkan ukuran baju yang keliru. Akibatnya, baju yang kamu pilih tidak pas di badan karena terlalu sesak.

Baca juga : 10 Merk Baju Terkenal Paling Ternama, Simak di Sini!

Karl Lagerfeld Geometric Knit Dress White/Black

Karl Lagerfeld Geometric Knit Dress White/Black 

 

2. Ukur Bagian Pinggang

Ukur Bagian Pinggang

Sumber: Wikihow.com 

Agar mudah dilakukan, kamu dapat menekuk salah satu sisi pita pengukur untuk menemukan lekukan alami pada bagian pinggang. Pada bagian lekukan tubuh, ukur lingkar pinggang dan pastikan pita pengukur agak longgar. Kamu bisa menemukan ukuran pinggang alami dengan mengukur sekitar 2 inch atau sekitar 4,5 cm di atas pusar. Biasanya, itu adalah bagian paling kecil dari lingkar pinggang kamu.

Baca juga : Jenis Baju Wanita yang Wajib Ada di Lemari Pakaian Kamu

Moschino Teddy Mirror Sweatshirt Blue

Moschino Teddy Mirror Sweatshirt Blue 

 

3. Ukur Bagian Pinggul

Ukur Bagian Pinggul

Sumber: Wikihow.com 

Untuk mengetahui ukuran pinggul, lakukan dengan berdiri dan kaki rapat. Setelah itu, ukur lingkar pinggul dan bokong yang paling menonjol. Ini biasanya ada di antara bagian selangkangan dan pusar. Selain itu, pastikan agar pita pengukur pada kondisi longgar. Dengan begitu, ukuran baju pada bagian pinggul akan pas di badan dan tidak terlalu kecil saat dikenakan.

Baca juga : Style Casual Wanita yang Bisa Kamu Coba Untuk Tampil Maksimal

Karl Lagerfeld KL Embroidered Knit Vest with Shirt Black White

Karl Lagerfeld KL Embroidered Knit Vest with Shirt Black White 

 

4. Lihat Tabel Ukuran Baju

Tabel Ukuran Baju

Sumber: Belajarjait.com 

Perlu kamu ingat bila tabel ukuran baju di toko atau produsen yang satu dan lainnya cenderung berbeda. Bahkan jika kamu sudah mengetahui ukuran baju yang pas di badan, kamu akan terkejut dengan berbagai ukuran baju yang tampak cocok saat dicoba di ruang pas. 

Walaupun begitu, tetap gunakan tabel ukuran sebagai panduan dasar untuk memilih ukuran baju, tidak terlalu ketat dan tidak terlalu longgar. Sebagai rekomendasi, pilih ukuran yang lebih besar jika kamu dihadapkan pada dua pilihan, terutama saat membeli baju secara online.

Baca juga : Mengenal 7 Jenis Model Atasan Wanita Basic yang Harus Ada di Lemarimu

Zimmermann High Tide Laced Mini Dress Stamp Print

Zimmermann High Tide Laced Mini Dress Stamp Print 

 

5. Konversi Angka-angka ke Dalam Ukuran Huruf

Di Indonesia, ukuran baju lebih lazim dikenal dengan sebutan huruf, seperti, XS, S, M, L, XL, dll. Umumnya, ukuran huruf tersebut sesuai dengan kebutuhan ukuran baju wanita Indonesia. Namun, ada juga toko atau produsen baju yang memberi informasi lebih lengkap mengenai ukuran pinggang, dada dan pinggul agar konsumen tidak salah saat memilih ukuran baju. 

Baca juga : Padu Padan Busana Stylish dan Nyaman Untuk OOTD Hijab 2023

Zimmermann High Tide Shirt Midi Dress Pink Ikat Floral

Zimmermann High Tide Shirt Midi Dress Pink Ikat Floral 

 

B. Cara Menentukan Ukuran Baju Saat Membeli 

Ada beberapa cara untuk menentukan ukuran baju ketika kamu sedang shopping. Dengan ukuran baju yang tepat, kamu bisa lebih nyaman saat memakainya. Yuk, ikuti langkah-langkah berikut ini.

 

1. Selalu Periksa Panduan Ukuran Baju saat Berbelanja Online

Balmain Gold Trim Cropped Knit Cardigan Black

Balmain Gold Trim Cropped Knit Cardigan Black 

Hampir sebagian besar website butik online yang menjual baju memiliki bagan atau tabel yang menjelaskan ukuran baju yang dijual. Terkadang, busana yang dijual memiliki ukuran lebih besar atau lebih kecil daripada ukuran baju yang sudah kamu kantongi. 

Memeriksa ukuran baju yang dicantumkan situs website dapat membantu kamu menemukan ukuran baju yang pas. Jadi, carilah toko online yang memberi informasi mengenai ukuran baju yang dijual secara lengkap. Informasi tersebut sangat berguna saat kamu ingin menentukan ukuran baju S, M, L, atau XL.

Baca juga : Inspirasi Mix and Match 8 Outfit Kemeja Wanita dari Berbagai Seleb Dunia!

Self Portrait Textured Woven Mini Dress Black

Self Portrait Textured Woven Mini Dress Black 

 

2. Jangan Malu untuk Bertanya

Jika menyukai baju yang dijual di toko online dan tidak mendapatkan informasi yang memadai mengenai ukuran dada, pinggul dan pinggang, jangan ragu untuk bertanya secara langsung kepada seller

Biasanya, seller akan senang hati memberitahukan ukuran baju yang biasa dijual di tokonya. Jika kamu punya ukuran badan yang sudah fix, akan jauh lebih mudah untuk menentukan ukuran baju yang akan kamu beli di toko mana pun.

Baca juga : 5 OOTD Pria Pilihan Voila yang Bisa Kamu Coba

Zimmermann High Tide Cropped Jacket Odyssey Print

Zimmermann High Tide Cropped Jacket Odyssey Print 

 

C. Cara Memilih Busana Terbaik

Ada beberapa cara untuk memilih busana terbaik. Hal ini didasarkan pada bentuk tubuh yang kamu miliki. Perlu diketahui, jika tiap wanita memiliki bentuk tubuh berbeda-beda. Jadi, jangan sampai salah pilih ya.

 

1. Straight Body atau Postur Badan Lurus

Straight Body atau Postur Badan Lurus

Sumber: Wikihow.com 

Jika kamu memilih bentuk tubuh lurus (pinggul sempit, tanpa dada dan tanpa panggul), ada jenis busana tertentu yang bisa membuat tubuh kamu tampak bagus dibandingkan jenis busana lainnya. Di sini, kamu bisa pilih busana yang pas dan classic shift dress karena jenis busana tersebut cocok untuk bentuk tubuh lurus.

Baca juga : Inspirasi Tren Fashion Fall dan Winter 2022

Empire waist atau rok A-line pada dress bisa membentuk lekuk tubuh. Kamu juga bisa menciptakan efek lebih dramatik dengan gaun off-the-shoulder. Neckline pada gaun seperti itu lebih menarik perhatian pada collarbone dan lengan.

Baca juga : 10 Fashion Designer dari Brand Ternama, Bisa Kamu Tiru Etos Kerjanya

Self Portrait Lace Bodice Midi Dress Teal

Self Portrait Lace Bodice Midi Dress Teal 

 

2. Bentuk Tubuh Buah Pir

Bentuk Tubuh Buah Pir

Sumber: Wikihow.com 

Bentuk tubuh buah pir berarti kamu memiliki tubuh yang lebih berisi pada bagian pinggul dan panggul, serta lebih kecil pada bagian payudara. 

Gaun dengan open-neck dan strapless dress cukup tepat untuk menarik perhatian pada tubuh bagian atas. Empire waist, full dan A-line skirt juga cocok dipilih agar kamu tampil memesona.

Burberry Check Wool Jacquard Cropped Cardigan Dark Birch Brown

Burberry Check Wool Jacquard Cropped Cardigan Dark Birch Brown 

Baca juga : Y2K Fashion: Tren Fashion Kekinian 2021

 

3. Bentuk Tubuh Jam Pasir

Bentuk Tubuh Jam Pasir

Sumber: Wikihow.com 

Bentuk tubuh jam pasir berarti kamu memiliki payudara dan pinggul penuh dengan bagian pinggang yang kecil. Jenis baju yang pas untuk bentuk tubuh seperti ini adalah gaun yang pas di pinggang.

Sebagai saran, kamu dapat memilih jenis busana wrap atau knit dress dan busana yang pas untuk menampilkan bentuk tubuh jam pasir.

Baca juga : Mengenal Pembelian Produk dengan Sistem Preorder di Voila.id

Palm Angels Bear College T-Shirt Black

Palm Angels Bear College T-Shirt Black 

 

4. Bentuk Tubuh Buah Apel

Bentuk Tubuh Buah Apel

Sumber: Wikihow.com 

Pada dasarnya, bentuk tubuh apel berarti titik sempit ada pada bagian rusuk, di atas pinggang alami kamu. Empire waist dapat menjadi pilihan untuk menarik perhatian pada bagian atas karena garis pinggang berada tepat di bawah payudara. 

Untuk itu, kamu bisa pilih busana dengan detail di sekitar neckline karena akan menarik perhatian ke bagian atas. Full skirt atau A-line skirt pada gaun bisa memberi tampilan figur jam pasir. 

Baca juga : Baju Rajutan Penghangat Liburan Musim Dingin

Burberry Logo Print Cotton T-Shirt Red

Burberry Logo Print Cotton T-Shirt Red 

Setelah membaca artikel di atas, kamu jadi tahu cara mengetahui ukuran baju yang pas di badan. Gampang banget, kan? Nah, karena sudah tahu ukuran baju yang tepat, sekarang waktunya hunting busana yang pas dengan ukuran baju dan bentuk badan kamu. 

Yuk, belanja online dari rumah di voila.id. Kamu nggak perlu keluar rumah untuk mendapatkan busana high-quality yang cocok di badan kamu. Kalau masih belum bisa menentukan ukuran baju yang pas, kamu bisa menanyakan langsung kepada customer service voila.id, kok. Jadi, sekarang kamu nggak perlu khawatir lagi mengenakan baju yang kekecilan atau terlalu longgar.