Longchamp adalah rumah mode asal Prancis yang memiliki sejarah keluarga kaya sejak tahun 1948 ketika Jean Cassegrain mewarisi bisnis tembakau ayahnya Au Sultan di Paris. Pasca-Perang Dunia II, Jean menjual tembakau dan aksesori merokoknya kepada pasukan Sekutu, termasuk pipa yang dilapisi kulit eksotis. Produk unik ini tidak lain menarik perhatian Elvis Presley, yang membantu brand tersebut mendapatkan pengakuan.
Kecintaan Jean Cassegrain pada kulit dan kreativitas membuatnya mendirikan sebuah perusahaan bernama Jean Cassegrain et compagnie untuk mendistribusikan pipa berlapis kulitnya. Namun, dia kemudian mengganti nama brand Longchamp setelah Arena Balap Longchamp Paris karena beberapa kerabat jauhnya sudah menggunakan nama keluarga Cassegrain untuk menjual kertas halus.
Selama bertahun-tahun, Longchamp telah berevolusi dari brand produk kulit menjadi pusat mode. Saat ini, brand tersebut menawarkan tas tangan, koper, aksesori, ready to wear wanita, dan lini alas kaki. Arahan artistik brand ini dipimpin oleh Sophie Delafontaine, cucu dari Jean Cassegrain. Kesuksesan Longchamp dapat dikaitkan dengan kemampuannya untuk tetap berakar pada warisannya sambil terus berkembang agar tetap relevan.