RETUR & REFUND

Tutorial Unboxing Paket


  1. Cara Mengajukan Pengembalian Barang
    1. Pastikan bahwa semua ketentuan untuk pengembalian produk sudah dipenuhi
    2. Hubungi Customer Service kami untuk melakukan konfirmasi pengembalian produk dan jelaskan alasan pengembalian disertai dengan data pendukung (foto, video unboxing, nomor resi dan nomor pemesanan).
    3. Jika pengajuan pengembalian barang disetujui, Customer Service akan menghubungi kamu.
    4. Siapkan produk dan kemas kembali produk dengan baik.
    5. Kirim kembali prdouk tersebut ke alamat yang di infokan oleh pihak customer service.
      VOILA.ID : Bukit Darmo Gold Boulevard Office Park I no 9-10, Pradahkalikendal, Kec. Dukuhpakis, Kota Surabaya, Jawa Timur 60226
    6. Kirimkan Nomor Resi pengiriman beserta nomor pelaporan komplain mu kepada voila Customer Service setelah kamu mengirimkan produk
  2. Kebijakan Pengajuan Pengembalian Barang (Retur)

    Pengajuan pengembalian barang ini hanya dapat diterima apabila:

    1. Barang yang diterima tidak sesuai dengan pesanan (salah kirim barang) atau terdapat defect pada barang.
    2. Untuk clothing & footwear dapat di retur apabila ukuran nya tidak sesuai.
    3. Bukan merupakan barang clearance sale / dengan discount khusus

    Apabila kesalahan disebabkan oleh pihak voila.id, penggantian barang tidak akan dikenakan biaya. Seluruh biaya pengiriman barang akan ditanggung sepenuhnya oleh pihak voila.id

    Note: jika kesalahan bukan dari pihak voila.id, biaya pengiriman kembali ke alamat voila akan ditanggung oleh pihak customer. Misalnya penukaran barang dilakukan karena customer salah pesan size untuk produk clothing dan footwear

  3. Ketentuan Pengajuan Pengembalian Barang (Retur)

    Ketentuan pengajuan retur apabila barang yang dikirimkan tidak sesuai dengan pesanan (salah kirim barang dari pihak VOILA / Kurir Jasa Pengiriman) atau terdapat defect pada barang yang diterima:

    1. Pengajuan retur maksimal 3x24 jam terhitung setelah barang diterima oleh pembeli (berdasarkan jam dan tanggal delivered yang tercantum pada sistem jasa pengiriman yang dipilih)
    2. Wajib menyertakan bukti valid berupa video unboxing dan juga foto-foto dari produk yang diterima.
    3. Barang masih dalam keadaan baru dan belum digunakan (tag item code, brand tag dan juga security tag dari voila belum dilepaskan)
    4. Semua kelengkapan barang masih dalam keadaan baru dan lengkap sesuai dengan yang dikirimkan (dustbag, box, tag, dan card)
    5. Barang harus dikirim kembali dengan rapi dan aman ke pihak voila.id terlebih dahulu untuk dilakukan investigasi dan biaya pengiriman akan ditanggung oleh voila.id
    6. Proses investigasi untuk barang defect adalah 2x24 jam kerja terhitung sejak barang beserta kelengkapannya kami terima.
    7. Melakukan pembayaran untuk seliisih harga apabila melakukan penukaran dengan barang yang harganya lebih mahal (jika barang ditukar dengan yang harganya lebih murah, maka pihak voila.id akan mengembalikan selisih harga tersebut)
    8. Dalam kurun waktu 1-3 hari, barang pengganti akan segera kami kirimkan terhitung sejak barang retur kami terima. Nomor resi yang baru akan kami informasikan H+1 setelah pengiriman.
    9. Pihak voila.id berhak untuk menolak pengajuan retur apabila salah satu syarat diatas tidak terpenuhi.
    10. Pengiriman barang kembali kepada pihak voila.id baru boleh dilakukan apabila sudah terdapat kesepakatan antar dua belah pihak.

    Ketentuan pengajuan retur untuk produk clothing dan footwear yang ukuran nya tidak sesuai (kebesaran / kekecilan):

    1. Yang termasuk dalam produk clothing adalah kemeja, kaos, dress, celana, jaket, sweater, cardigan dan hoodie.
    2. Yang termasuk dalam produk footwear adalah semua jenis sepatu dan sendal.
    3. Pengajuan retur maksimal 3x24 jam terhitung setelah barang diterima oleh pembeli (berdasarkan jam dan tanggal delivered yang tercantum pada sistem jasa pengiriman yang dipilih)
    4. Wajib menyertakan bukti valid berupa video unboxing dan juga foto-foto dari produk yang diterima.
    5. Barang masih dalam keadaan baru dan belum digunakan (tag item code, brand tag dan juga security tag dari voila belum dilepaskan)
    6. Semua kelengkapan barang masih dalam keadaan baru dan lengkap sesuai dengan yang dikirimkan (dustbag, box, tag, dan card)
    7. Penukaran produk clothing dan footwear hanya dapat dilakukan di tipe yang sama dengan size yang berbeda. Apabila size yang diinginkan oleh pembeli tidak available / out of stock, pembeli dapat menukar nya dengan tipe lain.
    8. Penukaran size hanya dapat dilakukan maksimal 1 kali.
    9. Melakukan pembayaran untuk seliisih harga apabila melakukan penukaran dengan barang yang harganya lebih mahal (jika barang ditukar dengan yang harganya lebih murah, maka pihak voila.id akan mengembalikan selisih harga tersebut)
    10. Barang harus dikirim kembali ke pihak voila.id terlebih dahulu untuk dilakukan investigasi dan biaya pengiriman akan ditanggung oleh pembeli
    11. Dalam kurun waktu 1-3 hari, barang pengganti akan segera kami kirimkan terhitung sejak barang retur kami terima. Nomor resi yang baru akan kami informasikan H+1 setelah pengiriman. Biaya pengiriman barang baru akan ditanggung oleh pihak voila.id
    12. Pihak voila.id berhak untuk menolak pengajuan retur apabila salah satu syarat diatas tidak terpenuhi.
    13. Pengiriman barang kembali kepada pihak voila.id baru boleh dilakukan apabila sudah terdapat kesepakatan antar dua belah pihak.
  4. Pengembalian Dana (Refund)

    Kepuasan pelanggan adalah yang terpenting bagi voila.id. Kami akan mengembalikan dana kalian 100% penuh jika produk yang kalian terima ternyata rusak/ cacat dan juga apabila ternyata produk yang telah anda pesan habis.

    Pengembalian dana (refund) akan kami proses setelah pengembalian produk kami terima atau setelah kami memberikan konfirmasi bahwa barang yang anda pesan telah out of stock.

    Pengajuan refund harus sesuai dengan ketentuan refund yang berlaku. Pihak voila.id berhak untuk menolah pengajuan pengembalian dana, apabila salah satu ketenuannya tidak terpenuhi.

  5. Detail Refund Berdasarkan Metode Pembayaran

    Waktu yang diperlukan untuk proses refund ini beraneka ragam bergantung dengan metode pembayaran yang kakmu pilih di awal. Berikut perkiraan waktu yang dibutuhkan untuk proses refund:

    Metode Pembayaran Proses Refund
    Manual Transfer Dana akan ditransfer ke rekening pengirim uang (3x24 jam hari kerja)
    Virtual Account / Bank Transfer Dana akan ditransfer ke rekening pengirim uang (3x24 jam hari kerja)
    Kartu Kredit / Cicilan Dana akan dikembalikan ke Limit Kartu Kredit (14-30 hari kerja)
    Pembayaran Instant Dana akan dikembalikan ke limit debit online (60 hari kerja)

    note: hari kerja yang dimaksud adalah diluar hari Sabtu, Hari Minggu, dan Hari perayaan khusus / libur nasional.

  6. Ketentuan Pengembalian Dana (refund)

    Ketentuan Refund apabila barang yang diterima tidak sesuai dengan yang dipesan (salah kirim) atau jika terdapat defect pada barang yang diterima:

    1. Barang harus sudah diterima maksimal 3x24 jam terhitung setelah barang diterima oleh pembeli (berdasarkan jam dan tanggal delivered yang tercantum pada sistem jasa pengiriman yang dipilih)
    2. Wajib menyertakan bukti valid berupa video unboxing dan juga foto-foto dari produk yang diterima.
    3. Barang masih dalam keadaan baru dan belum digunakan (tag item code, brand tag dan juga security tag dari voila belum dilepaskan)
    4. Semua kelengkapan barang masih dalam keadaan baru dan lengkap sesuai dengan yang dikirimkan (dustbag, box, tag, dan card)
    5. Barang harus dikirim kembali ke pihak voila.id terlebih dahulu untuk dilakukan investigasi dan biaya pengiriman akan ditanggung oleh voila.id
    6. Proses investigasi untuk barang defect adalah 2x24 jam kerja terhitung sejak barang beserta kelengkapannya kami terima.
    7. Umumnya proses pengembalian dana memakan waktu 1-3 hari kerja, bergantung dengan metode pembayaran yang awalnya kamu pilih.
    8. Kamu tidak akan dikenakan biaya sepeserpun. Pengembaliakn dana akan dilakukan sesuai dengan nominal yang kamu bayrkan + dengan biaya ongkos kirim kembali barang ke alamat voila.id
    9. Pihak voila.id berhak untuk menolak pengajuan refund apabila salah satu syarat diatas tidak terpenuhi.

    Ketentuan refund untuk barang yang status nya out of stock (OOS):

    1. Umumnya proses pengembalian dana memakan waktu 1-3 hari kerja, bergantung dengan metode pembayaran yang awalnya kamu pilih.
    2. Kamu tidak akan dikenakan biaya sepeserpun. Pengembalian dana akan dilakukan sesuai dengan nominal yang kamu bayarkan.